Jaboticaba, Buah Gowok Asal Brazil

Penampilan buah jaboticaba (Myciaria cauliflora) tampak seperti buah gowok (Syzigium polycephalum) yang sudah termasuk tanaman langka itu. Tanaman yang berasal dari Brazil, buah berasa manis agak pedas karena bagian kulit mengandung tannin yang tinggi. Daun kecil-kecil dan rajin berbuah sehingga cocok dijadikan bakalan bonsai berbuah. Nah, Anda berminat mengkoleksinya?
Jaboticaba, Buah Gowok Asal Brazil
Jaboticaba yang buahnya mirip buah gowok
Sosok tanaman jaboticaba berupa pohon pendek setinggi 4 meter, berbatang tegak, daun-daun berukuran kecil. Buah muncul dari sekujur batang tanaman. Awalnya, bagian tertentu dari batang atau cabang mengalami pembengkakan, selanjutnya muncul bunga dari bagian bengkak tersebut. Kemunculan bunga satu dengan bunga lain saling berdekatan. Setelah 5-7 minggu kemudian, bunga akan berkembang menjadi buah tanpa perlu ada proses penyerbukan (bersifat partenokarpi). Tiap titik kemunculan buah bisa terdiri dari 3-4 butir.

Buah jaboticaba berukuran 2,3-4 cm. Kulit buah berwarna ungu gelap dan mengkilap. Bagian daging buah berwarna bening dan berteksur layaknya daging buah lengkeng. Di bagian tengah buah terdapat biji sebanyak 1-3 butir berbentuk pipih. Buah ini bisa dikonsumsi segar.

Tanaman ini memang tanaman subtropika yang pertumbuhannya lambat. Bila tanaman dari hasil perbanyakan biji, ia akan mulai berbuah pada umur 8-10 tahun. Namun, bisa direkayasa dengan perlakuan tertentu sehingga bisa berbuah pada umur 3-6 tahun. Tanaman yang tumbuh di daerah subtropis akan berbuah sebanyak 2-3 kali. Bila ditanam di daerah tropis malah akan meningkat menjadi 5 kali dalam setahun.