Bumbu Instan Siap Pakai

Di zaman yang serba praktis ini, kini di pasaran bisa ditemui beragam jenis bumbu instan siap pakai. Di pasar tradisional, bumbu-bumbu yang dijajakan biasanya berupa aneka rempah dalam keadaan masih segar. Ada yang masih berwujud utuh, ada pula yang sudah dalam bentuk olahan (misalnya saja bawang putih giling, bawang merah giling, kemiri giling, dll).

Bumbu Instan Siap Pakai
Bumbu instan siap pakai
Bila kita ingin memasak rendang, nasi goreng, sambal goreng hati, tapi tak hafal ragam bumbu yang diperlukan, di pasar-pasar swalayan sudah tersedia aneka jenis bumbu siap pakai yang sudah lengkap komposisi rempah-rempahnya. Bumbu olahan ini dikemas ke dalam botol plastik, sachet, atau plastik kemasan. Pengemasan bumbu-bumbu olahan ini akan membuat bahan-bahan rempah di dalamnya bisa awet berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.

Di pasar swalayan, selain tersedia bumbu-bumbu dalam keadaan segar, juga tersedia bumbu siap pakai dalam bentuk tepung (untuk menggoreng ayam atau pisang), atau berbentuk bubuk kering (bubuk kunyit, bubuk pala). Ada pula bumbu yang sudah matang dalam bentuk adonan pasta yang biasanya dikemas menggunakan aluminium foil atau dimasukkan ke dalam botol gelas. Misalnya saja, bumbu gulai, bumbu rendang, bumbu nasi goreng, bumbu soto, dll.

Keuntungan memakai bumbu instan, antara lain; praktis dipakai karena bisa langsung digunakan dan tak membutuhkan waktu maupun proses yang lama untuk membuat masakan. Meskipun demikian, masih banyak yang berpendapat bahwa memakai bahan-bahan bumbu segar yang diolah sendiri lebih memiliki aroma dan cita rasa yang lebih enak dibandingkan dengan bumbu olahan. Dalam hal soal harga jelas lebih menghemat bumbu-bumbu segar.

Walaupun begitu, bumbu instan siap pakai tetap layak disediakan di rumah Anda. Karena ia memiliki kepraktisan tinggi. Terutama untuk kaum wanita karir yang tak memiliki banyak waktu untuk meracik-racik aneka jenis bumbu dan harus membelinya di pasar tradisional atau swalayan. Wanita karir juga biasanya tak hafal dengan jenis-jenis rempah yang dibutuhkan untuk membuat bumbu jenis masakan tertentu. Bumbu siap pakai mempermudah keperluan memasak Anda.

Baca juga