Memilih Hadiah Bagi Anak Berusia Satu Tahun

Terkadang, bila kita ingin memberikan suatu hadiah untuk anak yang berusia satu tahun sering merasa bingung. Hadiah apa yang cocok untuk anak-anak seumuran itu. Kadang berpikir, perlukah memberinya hadiah, sedangkan mereka adalah keluarga yang termasuk kaya dan segalanya serba ada. Kebingungan seperti ini sebenarnya kurang tepat, walau kita sering juga mengalaminya. Lalu, bagaiman memilih hadiah bagi anak berusia satu tahun yang tepat?

Memilih Hadiah Bagi Anak Berusia Satu Tahun
Aneka jenis mainan mendidik seperti ini bagus untuk anak usia satu tahun

Tidak perlu menjadikan suatu permasalahan, apakah kita akan memberi hadiah kepada anak dari keluarga kaya atau kurang mampu. Demikian pula dalam memberikan hadiah, tidak usah berpatokan pada mahal murahnya harga hadiah tersebut. Hal yang penting diperhatikan, justru kesesuaian hadiah dengan usia anak tersebut.

Untuk membantu pemecahan kebingungan memilih hadiah, berikut ini tips memilih hadiah bagi anak berusia satu tahun yang sesuai.

  • Pilihlah aneka macam mainan yang bisa didorong dan ditarik. Misalnya saja, gerobak beroda yang bisa diisi berbagai macam barang atau mobil-mobilan dan aneka jenis mainan bentuk binatang yang bisa ditarik dan didorong.
  • Aneka jenis mainan berbentuk hewan yang terbuat dari plastik dan bisa ditaruh di air. Aneka jenis mainan bentuk hewan yang terbuat dari kain yang biasa disenangi oleh mereka seperti panda, kucing, ikan dll.
  • Aneka jenis mainan alat musik yang bisa dipukul-pukul seperti tambur, drum dll. Anak-anak biasanya menyukai bunyi-bunyian yang keluar, dan mencoba aneka variasi pukulan untuk memperoleh bunyi yang sedang disenanginya. Mainan seperti ini akan melatih ketrampilan tangan, kepekaan organ pendengaran.
  • Aneka jenis permainan yang bersifat mendidik seperti balok-balok kayu atau plastik beragam bentuk yang bisa ditumpuk-tumpuk dan dibuat bangunan atau bentuk lainnya. Bola yang bisa digenggam dan dilempar atau bola plastik berukuran besar yang bisa dipeluk-peluk.
  • Selain aneka jenis permainan, kita juga bisa memberi pakaian. Pilih pakaian yang tidak terlalu mahal, misalnya saja sebuah handuk, piyama, celana, atau gaun yang nantinya ada banyak gunanya bagi mereka.
Nah, sekarang Anda tak bingung lagi memilih hadian bagi anak berusia satu tahun bukan? Dengan memberikan hadiah yang tepat, jalinan kasih sayang akan semakin erat, baik terhadap keluarganya maupun pada anak itu sendiri.