Tips Diet Sehat, Aman, dan Gampang

Penting kita ketahui, dalam keseharian perlu menjalankan tips diet sehat yang memenuhi persyaratan standar kesehatan. Tujuannya, tentu supaya badan senantiasa sehat, memiliki daya pertahanan alami yang kuat, dan tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Tujuan ini bisa terwujud bila kita bisa meramu jenis-jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Tak hanya sekedar enak saja, tapi memenuhi gizi dan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh.

Tak sedikit, orang yang kelihatannya sehat, tapi ternyata ia menderita malnutrisi. Ia butuh sumber-sumber gizi yang dipakai untuk membangun tubuhnya. Mereka justru dari golongan orang-orang kaya. Ini semua terjadi karena mereka lebih mementingkan gaya hidup makan enak dan gaya hidup lainnya. Misalnya ingin tetap langsing dan dipandang menarik saja.
Tips Diet Sehat, Aman, dan Gampang
Urap, makanan sehat murah meriah

Berikut ini tips diet sehat yang perlu Anda butuhkan oleh tubuh:
1. Zat putih telur (protein)
Zat putih telur diperlukan sebagai bahan pembangun tubuh dan pengganti bagian-bagian tubuh yang sudah tua maupun rusak. Bahan-bahan makanan lainnya yang mengandung protein, antara lain: daging, telor, susu, keju, tahu, tempe, kacang-kacangan, dan beras jagung.

2. Karbohidrat (zat gula)
Zat ini merupakan sumber tenaga penggerak dan pengatur panas supaya suhu badan stabil. Bahan-bahan makanan yang menjadi sumber karbohidrat, antara lain; nasi, gula, singkong, daging, roti, kentang, jagung, aneka macam kacang, madu.

3. Zat lemak (fat)
Lemak sebagai sumber panas bagi tenaga (energi). Ia bekerja bersama dengan karbohidrat untuk melepaskan kalori dalam jumlah banyak. Bahan-bahan yang mengandung lemak, antara lain; daging, mentega, minyak kelapa, ikan, kacang tanah, telor, keju.

4. Air
Air berguna untuk melarutkan dan mengalirkan makanan ke seluruh tubuh, mulai dari mulut sampai pada akhirnya keluar dari tubuh dalam bentuk kotoran. Fungsinya juga untuk melancarkan pekerjaan buah pinggang. Air berperan sangat vital di dalam tubuh untuk berbagai aktivitas. Hampir 60% tubuh kita terdiri dari air.

5. Garam-garam mineral
Garam penting antara lain kalsium atau kapur, yodium, ferrum, dan fosfor. Garam-garam mineral tersebut bermanfaat supaya cairan darah tetap kental dan cairan-cairan lain tak mudah berubah, dan sebagai pembentuk struktur alat-alat tubuh. Bahan-bahan yang mengandung garam mineral, antara lain; susu, telor, keju, sayur-mayur, ikan laut, air minum, daging, hati, telur, keju.

6. Vitamin-vitamin
Semua jenis vitamin penting bagi tubuh untuk memelihara fungsi-fungsi tubuh supaya tetap dapat bekerja secara normal. Semua jenis vitamin banyak terkandung di dalam buah-buahan, sayuran, daging dan ikan. Vitamin ada yang larut dalam lemak ada juga yang larut dalam air

Itulah tips diet sehat yang harus terpenuhi setiap harinya supaya tetap tampil menarik dan sehat.