Khasiat Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus)

Ia hadir dalam aneka masakan seperti lodeh, urap, dan tumis. Rasanya enak, beraroma khas, dan segar. Di samping lezat dibuat berbagai aneka masakan, khasiat kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) untuk mengobati beberapa penyakit ternyata tak kalah dengan obat-obatan modern. Khasiatnya, antara lain: mengobati atau membersihkan mata, mengobati bisul, mengobati radang telinga, dan pembersih darah bagi wanita sedang hamil. 

Deskripsi tanaman
Sosok tanaman kecipir merambat, termasuk kelompok tanaman polong-polongan. Memiliki umbi kecil yang rasanya mirip bengkuang. Daun mudanya bisa diayur lalap. Buah muda berbentuk persegi memanjang. Yang disayur adalah buah yang masih muda. Biji berbentuk bulat, kebiasaan anak-anak dulu saat bermain di sawah, biji-biji kecipir ini dibakar untuk dimakan.
Khasiat Kecipir (Psophocarpus tetragonolobus)
Kecipir
Khasiat kecipir (Psophocarpus tetragonolobus)
1. Untuk mengobati atau membersihkan mata (boorwater herbal)
Caranya: ambil segenggam daun kecipir muda, lalu dicuci bersih, selanjutnya direbus sampai mendidih. Air rebusan ini disaring dan simpan air rebusan ke dalam botol. Air rebusan ini yang dipakai sebagai pengganti boorwater. 

2. Untuk mengobati bisul
Caranya: ambil segenggam daun kecipir, lalu dicuci bersih, selanjutnya ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu tempelkan ke bagian yang bisul. Tak lama kemudian bisul akan segera pecah dan sembuh dengan sendirinya.

3. Untuk mengobati radang telinga
Caranya: ambil segenggam daun kecipir, lalu cuci bersih, selanjutnya direbus dengan 1/2 gelas air hingga tersisa sedikit saja. Saring air rebusan tersebut dan teteskan pada telinga. Lakukan beberapa kali sampai radang mereda dan sembuh.

4. Untuk pembersih darah bagi wanita yang sedang hamil
Caranya: ambil beberapa buah kecipir muda, rebus atau dibuat sayur sesuai selera. Konsumsi makanan berbahan dasar buah kecipir muda ini setiap hari sampai bayi lahir. Terutama bagi ibu hamil yang memiliki gangguan gatal-gatal atau bisul supaya tak menulari ke sanga jabang bayi.

Khasiat kecipir (Psophocarpus tetragonolobus) di atas merupakan warisan nenek moyang kita yang sudah dibuktikan manjur. Tentu sangat jarang menjumpai masyarakat saat ini yang menerapkannya karena banyak beredar obat-obatan modern. Namun, nilai gizi dan nutrisi kecipir sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan menjaga tubuh tetap buga yang tak bisa dibandingkan dengan obat-obatan modern saat ini.