Khasiat Tanaman Kenanga (Cananga odorata)

Manfaat kenanga bukan hanya sebagai bunga tabur, ia juga mampu mengobati berbagai gangguan atau penyakit pada tubuh kita. Khasiat tanaman kenanga (Cananga odorata), antara lain: melenyapkan pecah-pecah pada telapak kaki, melenyapkan jerawat, menghilangkan bau keringat, mengobati eksim, kudis, dan luka borok, obata kaki atau tangan yang bengkak karena terkilir.
Deskripsi tanaman
Tanaman bersosok pohon berukuran sedang. Biasanya ditanam di halaman rumah karena bunganya yang beraroma harum. Dalam kepercayaan orang Jawa, tanaman ini memiliki nilai mistis dan sakral. Namun, kepercayaan tersebut sekarang sudah luntur. Daun tunggal, berselang seling. Bunga muncul dari ketiak daun dan biasanya banyak terkumpul di ujung ranting. Bunga berwarna kuning muda, berbentuk mirip bintang menjuntai. Bunga mengandung minyak asiri yang bisa disuling.
Khasiat Tanaman Kenanga (Cananga odorata)
Bunga kenanga
Khasiat tanaman kenanga (Cananga odorata)
1. Untuk menghilangkan pecah-pecah pada telapak kaki
Caranya: ambil 1/2 ons bunga kenanga dan 1/2 ons belerang, lalu kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus sambil ditambahkan sedikit air dan diaduk-aduk. Selanjutnya, ramuan ini dibalurkan ke bagian telapak kaki yang mengalami pecah-pecah. Lakukan rutin tiap pagi dan sore hari. Terutama bila telapak kaki terasa sakit.

2. Untuk menghilangkan jerawat
Caranya: ambil daun kenanga sebanyak 4-5 lembar yang sudah berwarna kuning, lalu dibersihkan, selanjutnya ditumbuk sampai halus. Ramuan ini tinggal digosok-gosokkan ke bagian wajah yang ada jerawatnya. Ulangi beberapa kali setiap kali akan mandi sore.

3. Untuk menghilangkan bau keringat
Caranya: ambil 10 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga mawar merah, satu jari kunyit. Semua bahan tersebut dibersihkan, lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu, tambahkan dengan 4 gelas air matang, tambahkan air jeruk nipis dan sedikit gula pasir. Ramuan ini diminum setiap hari dan selalu dibuat minuman yang baru. Lakukan secara rutin selama sebulan dan rasakan hasilnya.
4. Untuk mengobati eksim, kudis, dan luka borok
Caranya: ambil 2 sendok makan irisan bunga kenanga, lalu dicampurkan dengan 3 sendok makan minyak kelapa, selanjutnya digoreng sambil diaduk-aduk dan minyak berubah warna kehijauan. Dalam keadaan hangat-hangat, oleskan ke bagian yang terkena penyakit. Lakukan secara rutin tiap pagi dan malam jelang tidur. Sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu bagian yang terkena penyakit tersebut dengan air hangat serta dikeringkan sebelum diberi obat. Panaskan ramuan setiap kali akan dipakai. Bila minyak habis, buat ramuan baru lagi. Baca juga Khasiat Tanaman Singkong Untuk Mengobati Rangen.

5. Untuk mengobati kaki atau tangan bengkak karena terkilir
Caranya: ambil bunga kenanga sebanyak 7 kuntum, lalu digoreng dengan 5-6 sendok makan minyak kelapa sampai berubah warna kehijauan. Dalam keadaan hangat-hangat, oleskan minyak ke bagian yang terkilir secara pelan-pelan. Lakukan secara rutin tiap pagi dan sore hari. Bagian tangan atau kaki yang terkilir sebaiknya sering direndam dengan air hangat dan dicampur dengan sedikit garam dapur.

Khasiat tanaman kenanga (Cananga odorata) di atas merupakan ilmu pengobatan dari warisan nenek moyang kita. Untuk mewujudkan gerakan kembali ke alam, ramuan di atas bisa dipakai sebagai alternatif pengobatan. Kelebihan dari ramuan di atas, bebas dari efek samping dan bahannya alami sehingga ramah lingkungan.