Khasiat Tanaman Singkong

Ubi kayu atau singkong tak hanya enak dibuat aneka makanan olahan. Ia juga berkhasiat obat. Khasiat tanaman singkong, antara lain: obat rematik, atasi maag, menghentikan perdarahan, dan menyembuhkan rangen. Dalam keseharian, daun singkong biasa dimasak sayur dan lalapan. Lalapan daun singkong pada masakan Padang sudah terkenal enak dan lezat. Ubi singkong biasa dijadikan aneka olahan makanan seperti keripik singkong, kolak, tiwul, gatot, lemet, dll.

Deskripi tanaman
Hampir semua orang sudah mengenal singkong sampai-sampai dianggap sebagai tanaman asli Indonesia. Padahal, ia tanaman introduksi dari Benua Afrika. Sekarang, sudah tersedia aneka varietas tanaman singkong dengan angka produktivitas yang tinggi. Selain itu, diperkenalkan juga varietas singkong yang rasanya enak dan pulen sehingga cocok sebagai hidangan makanan meja. Tersedia juga varietas singkong dengan penampilan cantik sebagai tanaman penyemarak taman rumah.
Khasiat Tanaman Singkong
Singkong
Khasiat tanaman singkong
1. Untuk mengobati penyakit rematik
Caranya: ambil 7 lembar daun singkong, lalu tambahkan dengan sedikit kapur sirih, selanjutnya ditumbuk sampai hancur dan halus. Lumatan daun singkong ini ditempelkan ke bagian tubuh yang terasa sakit karena rematik. Lakukan 3 kali sehari selama 10 hari. Perubahan akan segera terjadi pada penyakit rematik Anda.

2. Untuk mengobati penyakit maag
Caranya: ambil 3 umbi singkong, lalu dikupas dan dicuci bersih, selanjutnya diparut. Remas-remas parutan tersebut, lalu disaring dan dicampur dengan air bersama gula merah sampai larut. Konsumsi ramuan ini 2 kali dalam seminggu dengan setiap kali minum buat ramuan baru.

3. Untuk menghentikan perdarahan pada luka baru
Caranya: ambil beberapa lembar pucuk daun singkong, lalu dicuci bersih, selanjutnya dikunyah-kunyah sampai lumat dan tempelkan ke bagian luka yang menganga.

4. Untuk mengobati rangen atau pecah-pecah pada sela jari kaki
Caranya: ambil umbi singkong yang masih muda, lalu dikupas dan dibersihkan, selanjutnya diparut. Tempelkan parutan ubi kayu ini ke bagian kaki yang terasa nyeri atau gatal tersebut. Lakukan beberapa kali dan selalu gunakan ubi yang segar atau baru saja diambil.

Khasiat tanaman singkong di atas praktis dan mudah dipraktekkan. Alangkah baiknya di halaman rumah kita ditanami tanaman ubi kayu ini. Sangat mudah menanamnya, asalkan tersedia area lahan tanah yang cukup terbuka dan terkena sinar matahari. Daun mudanya bisa diolah menjadi aneka masakan berselera. Sedangkan ubinya bisa diolah menjadi kolak atau penganan lainnya.