Khasiat Kamboja, Cengkeh, dan Waru

Pohon kamboja, cengkeh, dan waru tentu sudah tak asing lagi bagi kita. Pohon kamboja, ia selalu hadir di pemakaman. Pohon cengkeh, banyak ditanam di tegalan dan pohon waru sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan. Pohon-pohon tersebut bermanfaat dalam pengobatan. Khasiat kamboja, cengkeh, dan waru akan diuraikan panjang lebar di bawah ini.

Khasiat kamboja
1. Untuk mengobati gusi bengkak atau bagian tubuh keseleo
Caranya: ambil ranting pohon kamboja, lalu dibersihkan dan dipatahkan. Getah yang keluar dioleskan ke bagian tubuh yang sakit dan memar-memar akibat keseleo tersebut. Untuk gusi bisa memakai kapas supaya lebih mudah melakukannya.
Khasiat Kamboja, Cengkeh, dan Waru
Bunga kamboja
2. Untuk mengobati bisul pada kanak-kanak
Caranya: ambil daun kamboja, lalu dibersihkan, selanjutnya dipanaskan di atas api sampai layu, olesi dengan sedikit minyak kelapa. Selanjutnya tinggal ditempelkan di atas bisul tersebut. Lakukan beberapa kali sampai sembuh.

Khasiat pohon cengkeh
1. Untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir
Caranya: sediakan arang, selanjutnya dibakar sampai membara. Setelah itu, ambil kira-kira 10 bunga cengkeh yang telah kering, lalu dibakar di tengah-tengah bara tersebut. Sekarang, si penderita harus jongkok di atas bara dengan jarak kurang lebih 20 cm sampai asapnya habis. Lakukan terapi ini rutin tiap hari sampai membaik dan sembuh.

2. Untuk pertolongan pertama obati sakit gigi atau gusi sebelum ke dokter
Caranya: ambil 15 lembar daun cengkeh muda, lalu dicuci bersih, selanjutnya direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih. Bila telah dingin, air rebusan ini dipakai untuk kumur-kumur. Lakukan beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit yang mendera berkurang. Bisa juga dengan cara ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada bagian yang sakit. Bila gigi masih bisa mengunyah, daun cengkeh muda itu langsung saja dikunyah-kunyah sampai halus sampai terasa pedas, setelah itu baru dibuang.

Khasiat pohon waru
Untuk menghilangkan rambut putih (uban) padahal usia masih muda
Caranya: ambil beberapa lembar daun waru dan daun kembang sepatu, lalu diremas-remas hingga keluar air lendir yang kental. Cairan ini digosok-gosokkan secara merata pada kulit kepala. Biarkan sampai kering, lalu keramasi rambut dengan shampoo seperti biasa. Lakukan beberapa kali selama seminggu sampai rambut putih lenyap. Baca juga Khasiat Tanaman Srikaya Untuk Menghilangkan Ketombe dan Kutu Rambut.