Khasiat Buah Mangga dan Jambu Biji

Buah mangga dan jambu biji memang segar dimakan saat siang-siang. Namun, tahukah Anda bahwa kedua buah tersebut juga berkhasiat obat. Berikut ini uraian khasiat buah mangga dan jambu biji untuk mengobati gangguan-gangguan tubuh ringan. Misalnya saja, untuk menghilangkan bekas luka, untuk mengatasi kutu air dan tumit pecah-pecah, untuk menghilangkan jerawat dan menghaluskan wajah.

Khasiat mangga
Untuk menghilangkan bekas luka
Caranya: ambil biji mangga yang telah atau agak tua, lalu dibakar isinya sampai bisa dijadikan tepung dengan cara ditumbuk. Tepung ini dimasukkan ke dalam sebuah wadah, lalu beri minyak tanah secukupnya, selanjutnya dioleskan ke bagian bekas luka yang ada di tubuh. Lakukan hal ini setiap hari. Cara lainnya, ambil isi biji mangga yang berwarna putih itu, lalu diparut dan oleskan ke bagian bekas-bekas luka yang ada di tubuh. Lakukan secara rutin tiap hari.

Khasiat jambu biji
1. Untuk mengobati kaki karena kutu air dan tumit yang pecah-pecah
Caranya: ambil beberapa lembar daun biji muda, lalu dihaluskan, selanjutnya campur dengan sedikit minyak goreng dan minyak tanah. Aduk-aduk sampai merata, selanjutnya tinggal ditempelkan ke bagian kaki yang terkena. Lalu balut dengan kain bersih. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
Khasiat Buah Mangga dan Jambu Biji
Jambu biji variegata
2. Untuk menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit wajah
Caranya: ambil beberapa lembar daun muda, cuci bersih, lalu dihaluskan, selanjutnya campur dengan sedikit air. Balrkan ke wajah, lalu diamkan selama kira-kira 1/2 jam. Setelah itu, baru dicuci bersih. Lakukan secara rutin. Niscaya jerawat lenyap, kulit pun halus.

Kedua tanaman tersebut mudah diperoleh di sekitar kita. Buah mangga sudah pasti enak dan segar rasanya. Ia berbuah musiman. Sedangkan buah jambu biji berbuah terus-menerus. Varietasnya banyak, mulai dari yang ukuran kecil-kecil seperti kerikil sampai dengan buah jambu biji berukuran besar minim biji. Semuanya memiliki khasiat untuk mengobati gangguan-gangguan ringan pada tubuh kita.