Khasiat Purwoceng Sebagai Pembangkit Vitalitas Pria

Khasiat dan mitos purwoceng yang mampu meningkatkan vitalitas pria sudah mulai banyak dikenal masyarakat umum. Banyak kaum pria dan wanita yang berburu tanaman ini. Melihat antusiasme ini, tak jarang ada pedagang yang nakal dengan menawarkan tanaman purwoceng yang sejatinya bukan tanaman yang diinginkan. Melainkan tanaman valeria yang sepintas mirip dengan purwoceng. Kedua jenis tanaman tersebut memiliki khasiat yang berbeda. Purwoceng akan meningkat tekanan darah, sedangkan valerian justru sebaliknya.
Tanaman purwoceng hanya ditemui di lahan berketinggian mulai dari 1.000 m dpl ke atas. Ia bisa hidup dengan baik di Gunung Galunggung dan Pangrango (Jawa Barat), pegunugnan dataran tinggi Dieng (Jawa Tengah), dan pegunungan Iyeng serta Tengger (Jawa Timur). Sosok purwoceng mirip dengan tanaman seledri, tapi memiliki batang berwarna keunguan. Tinggi tanaman antara 15-20 cm, bila pertumbuhannya optimal bisa mencapai 50 cm. 
Khasiat Purwoceng Sebagai Pembangkit Vitalitas Pria
Purwoceng
Bagian umbi akar adalah yang berkhasiat obat. Untuk memperoleh umbi akar purwoceng seukuran ibu jari dibutuhkan waktu satu tahun. Pada umur satu tahun, purwoceng mulai berbunga dan menghasilkan biji. Di alam, tanaman pembangkit vitalitas ini bisa ditemui di dalam hutan. Untuk memperoleh beberapa ons purwoceng, dibutuhkan waktu pencarian kurang lebih 3 jam.

Khasiat purwoceng sesuai dengan pemberian nama tanaman tersebut. Purwo yang berarti mula-mula atau awal mula. Aceng berarti tegak. Kedua arti nama tersebut berhubungan dengan organ intim laki-laki dalam hal ereksi. Hal ini yang menyatakan bahwa khasiat air rebusan purwoceng mampu meningkatkan vitalitas pria.

Dalam praktek jejamuan, khasiat purwoceng dipakai bersama-sama dengan purwosodo (Gaultheria leucocarpu) dan purwojambu (Gaultheria fragrantissima). Umbi akar purwoceng mengandung pinipellin, yaitu sejenis minyak asiri yang dipakai untuk menghangatkan tubuh. Sedangkan umbi akar purwosodo dan purwojambu mengandung metil salisilat yang akan menambah khasiat tonik.