Khasiat Tanaman Sirsak (Anonna muricata)

Beberapa khasiat tanaman sirsak (Anonna muricata) dalam pengobatan, antara lain; menurunkan demam yang disertai rasa pusing, atasi rasa sakit saat BAB bercampur darah, atasi eksim basah maupun kering, dan atasi rasa sakit pegal linu. Bagian yang dimanfaatkan dari tanaman ini yaitu buah dan daunnya. Buah sirsak berasa manis masam, sangat enak dikonsumsi segar maupun dibuat minuman jus. Sedangkan daun tanaman sirsak sering dimanfaatkan oleh para petani sebagai bahan pembuatan biopestisida.

Deskripsi tanaman
Tanaman bersosok pohon berukuran sedang, daun tunggal berselang seling. Bunga muncul di batang atau cabang. Buah berduri lunak, daging buah putih, juicy, rasanya manis sedikit masam. Biji berwarna hitam, berbentuk seperti biji kecik sawo.
Khasiat Tanaman Sirsak (Anonna muricata)
Buah, daun, kulit dan akarnya berkhasiat obat
Khasiat tanaman sirsak (Anona muricata)
1. Untuk mengobati rasa panas dingin yang disertai rasa pusing
Ambil buah sirsak yang sudah matang dengan ukuran sedang. Siapkan 1 sendok makan gula batu dan 1/2 gelas air matang. Kupas buah sirsak, aduk-aduk dengan menambahkan sedikit air sampai hancur. Buang bijinya, lalu saring dengan kain tipis. Tuang air hasil saringan ke dalam gelas, tambahkan gula batu, aduk-aduk, lalu diminum sekaligus sampai habis. Selanjutnya bawa diri Anda sendiri untuk istirahat atau tidur. Anda akan merasakan efeknya setelah bangun tidur.

2. Untuk mengobati rasa sakit akibat BAB bercampur darah, tapi buka wasir
Siapkan satu genggam daun sirsak, 1/2 genggam akar pohon sirsak, dan 4 akar ilalang (bila ada). Semua bahan-bahan tersebut dicuci bersih, lalu direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Angkat, lalu disaring. Minum air rebusan ini 2 kali sehari untuk 2 hari. Lakukan secara rutin sampai penyakit sembuh. Biasanya dalam waktu 16 hari, efeknya sudah bisa dirasakan. 

3. Untuk mengobati eksim basah atau kering
Ambil beberapa lembar daun sirsak muda, lalu cuci bersih, selanjutnya ditumbuk sampai halus, tambahkan sedikit air, lalu tempelkan ke bagian yang terkena penyakit, lalu dibalut dengan perban. Lakukan pengobatan ini secara rutin sampai sembuh. Pengobatan ini hanya dilakukan pada malam hari saja, keesokan paginya perban dibuka.

4. Untuk mengobati sakit pegal linu
Ambil beberapa lembar daun sirsak muda, panggang di atas api, beri sedikit kapur sirih dan minyak tanah, lalu tempelkan pada bagian yang sakit.

Itualah beberapa khasiat tanaman sirsak (Anonna muricata) yang bisa diterapkan dalam dunia pengobatan herbal. Selain enak dikonsumsi segar dan dibuat jus, buahnya berkhasiat juga sebagai obat. Tak hanya buahnya saja, daun, akar, dan kulitnya juga berkhasiat dalam mengatasi banyak penyakit. Baca juga Khasiat Belimbing Wuluh.