Khasiat Pepaya (Carica papaya)

Sudah banyak orang yang mengetahui khasiat pepaya (Carica papaya). Terutama bagi mereka yang perutnya sering kembung karena makanan atau iritasi di sistem pencernaan. Khasiat lainnya masih banyak lagi, seperti mengaktifkan air susu ibu, obat luka karena pecahan kaca, menghilangkan bau keringat, menghilangkan pecah-pecah pada tumit, menghitamkan rambut, melenyapkan jerawat, penambah nafsu makan, dan mengobati rematik. 
Deskripsi tanaman pepaya
Hampir semua orang sudah mengenal tanaman ini karena memang tanaman ini mudah dijumpai di pekarangan-pekarangan rumah. Ia juga mudah tumbuh di mana saja. Buah dan daunnya sudah biasa dikonsumsi dalam menu harian kita. Buah matang dikonsumsi segar, buah muda bisa disayur atau ditumis, daun muda bisa dibuat aneka masakan mulai dari ditumis, dibuat buntil, atau sebagai lalapan plecing. Buah berbentuk mirip payudara ini sering diambil getahnya yang disebut dengan papain. Daunnya menjari.
Khasiat Pepaya (Carica papaya)
Daun pepaya kaya khasiat obat
Khasiat pepaya (Carica papaya)
1. Untuk mengaktifkan air susu ibu yang tak mau keluar sehabis melahirkan
Ambil 2 lembar daun pepaya ukuran sedang, lalu cuci bersih, selanjutnya ditumbuk agak halus saja, lalu campur dengan 2 gelas air, selanjutnya tinggal disaring. Air saringan ini direbus sampai sampai mendidih, setelah itu didinginkan. Bila air rebusan sudah dingin, minum pada saat pagi dan sore dengan dosis 1 gelas tiap kali minum. Konsumsi ramuan ini selama masa menyusui.

2. Untuk mengobati luka terkena pecahan kaca
Ambil daun pepaya secukupnya, lalu dicuci bersih, selanjutnya ditumbuk sampai halus dengan ditambahkan garam sedikit, selanjutnya tinggal ditempelkan ke bagian yang luka. Lalu dibalut dengan perban atau kain bersih. Secara alami, kaca yang menancap akan keluar dengan sendirinya dan luka akan sembuh dengan sendirinya juga.

3. Untuk menghilangkan bau keringat
Ambil daun pepaya agak muda, lalu cuci bersih, selanjutnya direbus sampai matang. Konsumsi rebusan daun pepaya bersama sambal atau dibuat urap. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu sampai keringat Anda tak berbau lagi.

4. Untuk menghilangkan pecah-pecah pada tumit
Ambil buah pepaya muda dengan ukuran agak kecil, lalu potong bagian ujungnya sehingga keluar getah berwarna putih. Getah ini dioleskan ke bagian tumit kaki yang pecah-pecah. Lakukan hal ini rutin tiap jelang tidur setelah kaki dibersihkan. Tak lama kemudian, tumit akan kembali bersih dan mulus.

Itulah 4 khasiat pepaya (Carica papaya) yang bisa diinformasikan kali ini. Masih banyak manfaat dan khasiat dari tanaman sumber obat ini. Selain enak dikonsumsi, tanaman ini sangat manjur mengobati berbagai aneka penyakit. Baca juga Khasiat Tanaman Sirsak.