Kupas Tuntas Khasiat Kelapa

Kali ini akan kupas tuntas khasiat kelapa untuk kesehatan dan pengobatan. Selain dimanfaatkan sebagai bahan dasar pangan, kelapa juga ampuh dan manjur mengobati aneka gangguan tubuh dan penyakit, antara lain: atasi gabagen atau campak, mabuk makanan seafood, mencairkan lendir akibat selesma, atasi penyakit gatal-gatal, obati bisul di dalam telinga, dan atasi flu tulang. Baik buah kelapa muda maupun tua semuanya bisa dipakai sebagai obat.

Deskripsi tanaman
Sekarang, sudah tersedia pohon kelapa gading bersosok kecil yang bisa ditanam di lahan sempit. Buahnya memang berukuran kecil, tapi khasiatnya tak kalah dengan pohon kelapa bersosok besar. Pohon kelapa bersosok kecil ini juga bagus sebagai tanaman hias pekarangan. Untuk rumah yang memiliki luas lahan sekitar 25 meter persegi sudah cukup untuk ditanami pohon kelapa ini.
Kupas Tuntas Khasiat Kelapa
Kelapa gading yang cantik ditanam di pekarangan rumah
Khasiat kelapa
1. Untuk mengobati penyakit campak atau gabagen (ruam-ruam merah)
Caranya: Ambil air kelapa gading, lalu campur dengan sedikit madu, selanjutnya tinggal langsung diminum kepada si anak yang terserang penyakit campak. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari dari sebutir kelapa. Lakukan selama 3 hari berturut-turut. Pada bagian tubuh yang tampak ruam-ruam merah, diberi bedak talk supaya hangat dan tak mudah iritasi.

2. Untuk mengobati mabuk makanan seafood seperti kepiting dan udang
Caranya: Ambil daging kelapa sebanyak 1/2 butir kelapa tua, lalu parut dan ambil santannya sebanyak 1/2 gelas. Selanjutnya campur dengan sedikit gula merah, lalu diminumkan pada orang yang mabuk atau keracunan makanan kepiting atau udang.

3. Untuk mencairkan lendir kental sewaktu selesma supaya mudah bernapas
Caranya: oleskan minyak kelapa atau VCO pada bagian hidung supaya lendir menjadi cair dan mudah dibuang.

4. Untuk mengobati penyakit gatal-gatal dan menghilangkan noda hitam
Caranya: Ambil satu butir kelapa tua utuh. Ambil daging buah dan parut untuk diambil santannya. Santan ini dibuat minyak, sedangkan tempurung kelapa dibakar menjadi arang dan ditumbuk sampai halus. Campurkan minyak kelapa dengan bubuk tempurung kelapa. Campuran ini dipanaskan sebentar sampai terasa hangat. Pakai ramuan ini jelan pergi tidur dengan cara mengoleskan ramuan ini ke bagian tubuh yang terkena penyakit gatal-gatal atau ke bagian yang bernoda hitam. Lakukan secara rutin dan teratur sampai bekas noda hitam menghilang.
5. Untuk mengobati bisu yang ada di dalam telinga
Caranya: minyak kelapa murni atau VCO dihangatkan, lalu teteskan secara perlahan-lahan ke dalam telinga. Lakukan secara rutin dan teratur sampai rasa sakit di dalam telinga berkurang dan sembuh.

6. Untuk mengobati penyakit flu tulang
Caranya: Ambil air kelapa dan minum 3 kali sehari dengan takaran 1 gelas. Semakin banyak mengkonsumsi semakin baik. Lakukan secara teratur sampai flu tulang berangsur sembuh. Pengobatan ini efektif untuk sakit flu tulang yang masih pada fase ringan.

Selain enak dikonsumsi, buah kelapa memang kaya khasiat untuk pengobatan dan kesehatan tubuh. Ilmu khasiat kelapa ini diwariskan oleh leluhur kita sejak jaman lampau dan terus dipraktekkan sampai sekarang. Mari kembali ke alam dalam hal pengobatan karena alam sudah menyediakan semua itu. Simak juga ulasan Khasiat Rempah-rempah Untuk Tubuh.