Khasiat Kelapa dalam Pengobatan

Lagu 'Rayuan Pulau Kelapa' menyadarkan arti penting kekayaan negeri kita. Hamparan pohon-pohon kelapa mengiringi daratan yang ada. Manfaat dan fungsi pohon kelapa itu sendiri sangat kaya. Semua bagian dari pohon kelapa bermanfaat untuk kehidupan manusia. Dari kebutuhan papan, pangan, sampai kesehatan. Khasiat kelapa dalam pengobatan yang sudah terbukti manjur, antara lain; menetralkan racun, obat otot keseleo. membeningkan mata bayi, menghilangkan uban, atasi mual saat haid. Berikut ulasan selengkapnya.
Deskripsi tanaman
Sosok pohon kelapa tentu tak asing bagi kita semua. Sekarang, sudah tersedia pohon kelapa genjah, pendek, yang cocok ditanam di pekarangan rumah. Ukuran 1 meter sudah berbuah, warna kulit buah kelapa ada yang hijau dan kuning. Ada varietas kelapa kopyor yang daging buahnya sangat manis. Untuk pengobatan, varietas yang manjur adalah kelapa hijau yang bagian pangkalnya berwarna ungu bila di potong sedikit.
Khasiat Kelapa dalam Pengobatan
Kelapa muda, enak, segar, kaya khasiat
Khasiat kelapa
1. Untuk pertolongan pertama pada keracunan makanan
Ambil air kelapa hijau dari satu butir kelapa. Tanpa ditambahi apa-apa, langsung saja diminum kepada orang yang sedang mengalami keracunan makanan. Tak beberapa lama kemudian, ia akan muntah yang akan membuat perut terasa enteng dan lekas sembuh.

2. Untuk mengobati otot keseleo (terkilir)
Ambil bluluk kelapa (kelapa yang masih pentil atau kelapa mudah yang masih berukuran kecil sebesar bola pingpong), lalu diparut dan dicampur dengan sedikit minyak kelapa, hangatkan di atas api, selanjutnya digosok-gosokkan pada bagian yang keseleo.

3. Untuk membeningkan mata bayi dan menghitamkan rambut bayi
Buat minyak kelapa atau minyak klentik. Caranya, masak santan sampai jadi minyak. Minyak ini dioleskan ke mata bayi sejak lahir. Cukup 1 tetes dan lakukan berulang kali sampai tak ada lagi kotoran. Untuk rambut, gosok-gosokkan minyak merata pada rambut seperti layaknya kita memakai minyak rambut biasa. Lakukan secara rutin dan hasilnya bisa dilihat setelah beberapa waktu, hitam dan sehat.

4. Untuk menghilangkaan uban yang terjadi pada anak muda
Ambil sebutir kelapa hijau muda yang dagingnya masih tipis, tapi tidak berupa lendir. Daging kelapa diambil, lalu diperas dan masukkan ke dalam air kelapa, tambahkan sedikit garam, embunkan selama semalam, baru keesokan paginya air tersebut dipakai sebagai shampoo untuk bahan keramas. Lakukan secara rutin selama 7 hari berturut-turut.

5. Untuk mengilangkan rasa mulas saat haid datang
Ambil segelas air kelapa, campur dan aduk dengan sedikit gula aren, lalu diminum. Lakukan secara rutin tiap pagi selama 3 hari berturut-turut.

Itulah khasiat kelapa dalam dunia pengobatan. Untuk gangguan-gangguan tubuh yang ringan seperti ini memang sangat ampuh dan manjur. Hal ini sudah terbukti secara turun temurun dari nenek moyang kita. Simak pula ulasan obat herbal lainnya, Khasiat Sereh.