Herbal Pengharum Badan

Cengkih, bunga honje atau kecombrang, akar wangi, jeruk purut, daun sirih, lobak, tomat, temulawak, cuka apel adalah bahan-bahan herbal pengharum badan yang akan memberi aroma segar pada tubuh Anda. Terlebih lagi bahan-bahan herbal tersebut dikonsumsi secara rutin setiap hari. Keringat yang dihasilkan dari kelenjar apocrine pun tak berbau lagi. Maklum kelenjar aprocin ini terdapat di area-area yang ditumbuhi rambut seperti area ketiak, hidung, dan kemaluan yang notabene menghasilkan keringat dengan aroma tak sedap.

Sumber bau itu berasal dari bakteri Staphylococcus epidermidis yang berukuran sangat kecil. Bakteri ini menyebabkan keringat berbau setelah bercampur. Keringat itu sendiri memiliki fungsi yang vital bagi tubuh, yaitu membuang berbagai zat-zat toksin dari dalam tubuh dan mengatur keseimbangan panas tubuh. Keringat dihasilkan dari kelenjar accrine dan apocrine. Kelenjar accrine akan menghasilkan keringat yang berwarna lebih terang sampai bening dan tidak berbau. Kelenjar ini terdapat pada telapak tangan, dahi, dan punggung. Sedangkan kelenjar apocrine terdapat di area-area yang ditumbuhi rambut seperti ketiak, hidung, dan kemaluan.
Herbal Pengharum Badan
Daun sirih, ampuh atasi bau badan
Herbal pengharum badan
Pada masa pubertas, kelenjar apocrine sangat begitu aktif sehingga keringat yang keluar dan bercampur dengan bakteri akan berbau semakin menyengat. Aroma yang menyengat ini bisa diredam dengan mengkonsumsi herbal pengharum badan. Beberapa orang sudah terbiasa konsumsi daun kemangi atau daun beluntas untuk mengatasi bau badan ini. Padahal, masih banyak jenis-jenis herbal lainnya yang memiliki khasiat untuk mengharumkan badan.

Salah satu herbal yang mampu mengatasi bau badan yaitu bunga kecombrang atau honje (Nicolia speciosa). Caranya, bunga kecombrang ditumbuk, lalu tumbukan kecombrang ini digosok-gosokkan ke area yang menjadi sumber bau badan. Untuk mendukung pengobatan dari dalam, konsumsi bunga kecombrang sesering mungkin. Setelah bunga kecombrang dikukus supaya lunak, campurlah suwiran bunga kecombrang ini bersama urap atau pecel.

Bunga cengkih juga berkhasiat untuk mengharumkan badan. Kandungan senyawa eugenol pada minyak asiri cengkih berperan sebagai antiseptik yang mampu mengurangi perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan. Cara aplikasinya, 3 bunga cengkih direbus sampai mendidih dan cengkih tampak mengembang. Selanjutnya tinggal air rebusan tersebut dioleskan ke bagian area badan yang berbau.

Herbal pengharum badan lainnya, yaitu akar wangi (Vetiveria zizanioides). Akar wangi mengandung senyawa-senyawa vetiveron, vetiverol, vetivenil, asam palmitat, asam benzoat, dan vetivena. Senyawa-senyawa tersebut mampu mengikat zat-zat aromatik sekaligus mengharumkan badan. Cara aplikasi: rendam akar wangi selama minimal 2 jam. Lalu pakai air rendaman tersebut untuk mandi dan membasuh badan. Terutama pada area-area yang menjadi sumber bau badan.

Herbal pengharum badan dengan cara dioleskan
Jeruk purut (Citrus bystrix) bersama rimpang kencur (Kaempferia galanga) manjur mengenyahkan bau badan. Kedua bahan tersebut dihaluskan, lalu tambahkan air secukupnya, aduk sampai rata. Lalu diminum. Kencur mengandung zat antibakteri dan antijamur yang bisa menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan. 

Daun sirih (Piper betle) juga ampuh mengharumkan badan. Zat-zat yang terkandung di dalam daun sirih, antara lain: minyak asiri yang teridiri dari kadinen, kavikol, sineol, euganol, karvakol, dan zat samak. Zat-zat tersebut bersifat antiseptik yang akan menghambat perkembangbiakan bakteri dan jamur penyebab bau badan. Cara aplikasi: ambil 5 daun sirih segar, lalu diseduh dengan air panas. Biarakan sampai dingin, minum air seduhan ini secara rutin tiap pagi dan sore. Supaya enak, seduhan air daun sirih boleh ditambahkan dengan gula pasir atau gula aren secukupnya saja. Cara lainnya, ambil 1-2 daun sirih, lalu ditumbuk sampai halus, tambahkan kapur. Selanjutnya halusan daun sirih plus kapur dioleskan ke area badab yang berbau. Diamkan olesan tersebut sampai sekitar 15 menit, lalu dibilas.

Lobak (Rhaphanus sativus) juga salah satu herbal pengharum badan yang benar-benar tokcer. Zat-zat yang terkandung di dalamnya mampu mengurangi produksi keringat yang berlebih. Caranya, umbi lobak dihaluskan, lalu tambahkan dengan sedikit air sampai terbentuk mirip bubur. Oleskan bubur ini ke bagian ketiak sambil dipijat-pijat lembut. Setelah itu dibilas dengan air bersih. Lakukan perawatan seperti ini rutin tiap hari.

Buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) juga memiliki khasiat yang sama sebagai herbal pengharum badan. Caranya, ambil buah jeruk nipis, lalu diambil airnya dengan cara diperas, tambahkan sedikit kapur sirih sehingga berbentuk cream. Oleskan cream ini ke bagian badan yang menjadi sumber bau atau bagian-bagian tubuh lainnya yang sering mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak. Di dalam buah jeruk nipis terkandung zat minyak asiri dan biosulfur yang memiliki sifat antiseptik sehingga mampu menghambat perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan.