Prospek Peluang Usaha Ternak Bebek Keuntungan Besar


Peluang usaha ternak bebek menjanjikan keuntungan yang besar dan langgeng. Ada jaminan pasar dan produksi kontinyu yang membuat bisnis ini tak akan ada matinya. Bagian yang bernilai komersial atau bisa dijual, antara lain: telur, daging, dan kotoran. Untuk telur dibutuhkan oleh berbagai usaha kuliner seperti telur asin, martabak, dan aneka olahan lainnya. Untuk daging bebek biasanya diambil dari bebek apkir untuk dibuat aneka masakan olahan daging bebak seperti bebek goreng, bebek bakar. Untuk kotoran bebek sangat bagus dibuat sebagai pupuk organik.
prospek peluang usaha ternak bebek keuntungan besar

Dalam hal ini produksi telur dan daging lebih diutamakan sebagai bisnis. Telur bebek sangat bagus dijadikan telur asin karena bagian kuningnya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan telur dari jenis unggas-unggas lainnya. Daging bebek juga memiliki cita rasa yang khas dan lezat asalkan pengolahannya dilakukan dengan cara benar. Hampir rata-rata orang juga menyukai aneka olahan bebek, baik yang berupa telur maupun daging. Hal inilah yang membuat peluang usaha ternak bebek memang benar-benar menjanjikan.

Teknis usaha ternak bebek
Hasil usaha ternak bebek yang diutamakan yaitu telur, walau nantinya juga daging bebek akan diperoleh juga. Untuk produksi daging dihasilkan dari bebek betina afkir dan bebek jantan yang sudah tak produktif lagi. Supaya usaha ini berhasil, ada baiknya Anda memiliki pemahaman mengenai teknis usaha ternak bebek secara keseluruhan. Baik dari segi teknis budidaya, manajemen, dan pemasaran.

Kandang terbaik untuk bebek
Kandang untuk ternak bebek haruslah memenuhi persyaratan ideal untuk beternak, antara lain:
  •        Suhu kandang berada di kisaran 35-39 derajat Celcius. Ini berarti, kondisi kandang yang disukai   bebek yaitu kondisi kering.
  •             Tingkat kelembaban udara di kisaran 60-65%.
  •          Beri tingkat penerangan yang cukup supaya mudah mengatur kandang.
  •       Buat 3 macam kandang berdasarkan fungsinya, yaitu kandang untuk DOD, kandang bebek remaja (brower), dan kandang bebek petelur (kandang layar). Kandang untuk DOD atau kandang box berukuran 1 m x 2 m yang bisa menampung DOD sebanyak 50 ekor. Kandang bebek remaja (brower) dibuat dengan kapasitas tampung 16-100 ekor. Kandang bebek petelur (kandang layar) berbentuk kotak kecil berdaya tampung 3-4 bebek dewasa per kelompok. Saat masa bertelur, bebek dimasukkan ke dalam kandang berkapasitas 30 ekor (kandang ukuran 2 m x 3 m).


Pilih bibit berkualitas
Ada dua sistem yang ditawarkan untuk mempersiapkan bibit berkualitas, yaitu sistem pembibitan DOC dan sistem bebek dara. Kelebihan memakai sistem pembibitan DOC, biaya pembelian dapat ditekan. Sedangkan kelebihan sistem pembibitan dedek dara, produksi telur akan lebih cepat. Harga beli bebek DOC lebih murah dibandingkan dengan harga beli bebek dara. Bila membeli bebek DOC, peternak akan disibukkan dengan perawatan ekstra, misalnya saja pengaturan suhu yang sesuai dan vaksinasi. Bila membeli bebak dara, peternak tak perlu repot mengatur suhu dan vaksinasi beserta tetek bengek lainnya.

Cara memilih bebek berkualitas unggul
Beli telur yang berasal dari bebek indukan berkualitas baik. Untuk memperoleh telur ini bisa dihasilkan dari memelihar sendiri bebek pejantan dan betina. Telur-telur berkualitas ini yang nantinya akan masuk ke dalam mesin tetas.

Beli DOD dari sentra pembibitan yang memiliki sertifikat dari Dinas Peternakan setempat merupakan langkah yang baik. Ciri DOD berkualitas baik yaitu tak memiliki cacat fisik dan bulu berwarna kuning mengkilap.

Perawatan bibit calon induk
Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk merawat bibit dan induk
 Perawatan bibit
Bibit DOD yang baru saja sampai di tempat, harus mendapat perawatan yang baik. Bibit DOD ini segera saja dimasukkan ke dalam kandang broder. Daya tampung kandang broder sebanyak 50 bibit. Usahkan bibit yang sudah dimasukkan ke dalam kandang tersebar merata di dalam kandang. Perhatikan juga kondisi temperatur kandang, pemberian jenis pakan, pemberian vitamin, dan pemberian mineral.

 Perawatan calon induk
Ada dua macam calon indukan bebek, yaitu indukan bebek untuk telur tetas dan indukan untuk produksi telur konsumsi. Untuk perawatan harian, kedua macam indukan tersebut diperlakukan sama. Hanya saja untuk indukan telur tetas harus ada bebek pejantan pada tiap kelompok. Setiap bebek pejantan hanya diperuntukkan 4-5 ekor bebek saja.

Reproduksi dan perkawinan
Disebut reproduksi bila telur tetas tersebut terbuahi dengan sempurna oleh bebek pejantan. Untuk proses perkawinan bisa dilakukan dengan cara alami dan ada pula yang melalui proses rekayasa manusia (hand mating).

Pemeliharaan Bebek
Pemeliharaan menentukan sukses tidaknya peluang usaha ternak bebek yang sedang Anda tangani. Pasalnya, pemeliharaan yang baik pasti menghasilkan bebek-bebek yang sehat dan kuat. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan selama pemeliharaan.

 Pemeliharaan kandang
Pembersihan kandang dilakukan minimal, 2 kali seminggu. Lakukan rutin pembersihan sisa-sisa pakan yang tidak termakan. Bersihkan juga kotoran di kandang bebek karena kotoran ini berpotensi kemunculan berbagai macam penyakit. Pembersihan kandang dari kotoran juga akan menjaga kesehatan bebek-bebek tersebut.

 Pengawasan kesehatan bebek
Pengawasan dilakukan setiap saat dan rutin. Perhatikan tingkah laku bebek-bebek tersebut. Bila bebek-bebek tersebut tampak kurang gerak, ada beberapa kemungkinan yang salah satunya kekurangan vitamin. Bila bebek-bebek tampak kurang nafsu makan, hal ini memberikan tanda bebek-bebek tersebut dalam kondisi sakit.

Pemberian pakan
Pemberian pakan diatur sesuai dengan fase umur bebek-bebek tersebut. Ada 3 fase umur yaitu mulai masa starter (umur 0-8 minggu), grower (umur 8-18 minggu) dan masa layer (umur 18-27 minggu). Cara pemberian pakan untuk fase starter dengan menempatkan pakan di atas papan datar. Cara pemberian pakan untuk fase grower dengan cara tray feeder disertai dengan sebaran pakan di atas lantai. Sedangkan cara pemberian pakan untuk fase layer, hanya disebarkan merata di atas lantai.

Pengendalian penyakit
Ada dua kelompok penyakit yang bisa menyerang bebek-bebek ternak, yaitu disebabkan oleh mikroorganisme patogen dan defisiensi nutrisi. Mikoorganisme penyebab penyakit bisa dari golongan virus, bakteri, dan protozoa. Sedangkan dari defisiensi nutrisi karena kekurangan zat-zat makanan tertentu. Terakhir, bisa saja penyakit muncul karena letak kandang yang tak sesuai.

Penyakit-penyakit yang sering ditemui oleh peternak bebek, antara lain: penyakit Duck Cholera dan Penyakit Salmonellosis. Penyakit Duck Cholera disebabkan oleh bakteri Pasteurela avicida. Gejala-gejala bebek terserang penyakit ini: mencret, kelumpuhan, dan berak berwarna hijau. Cara mengatasi penyakit Duck Cholera yaitu menjaga kandang tetap bersih, memberi suntikan penisilin pada bagian urat daging dada sesuai dosis anjuran.

Penyakit Salmonellosis disebabkan oleh bakteri typhimurium dengan gejala-gejala yang tampak jelas pada pernafasan, terkadang disertai mencret. Cara mengatasinya dengan menjaga kondisi kandang tetap bersih, lalu lakukan pemberian obat dengan pemberian Furazolidone melalui pakan. dosis yang diberikan 0,04% atau memakai sulfadimidin dosis seusai petunjuk.