Menu Buka Puasa dan Sahur Berbahan Ikan

Menjalankan ibadah puasa bukan berarti produktivitas kita ikut berpuasa. Justru produktivitas harus lebih meningkat. Alasan asupan makanan yang kurang sehingga badan lemes, mudah ngantuk, sulit konsentrasi tidak bisa diterima. Mengapa? Puasa tidak mengurangi gizi yang kita makan. Kita hanya mengubah jadwal makan sehari-hari. Demikian juga pada saat kita makan sahur. Variasi menu buka puasa dan sahur yang dapat meningkatkan kerja otak, tidak mudah lemes dan kantuk banyak sekali. Anda dapat saja memilih masakan berbahan dasar ikan. Resep masakan nusantara berbahan dasar ikan sangat beragam. Anda tinggal memilih resep masakan mana yang sesuai dengan selera keluarga tersayang.

Variasi menu buka puasa dan sahur berbahan ikan tawar dan laut dapat menjadi pilihan keluarga. Berbagai jenis ikan tawar dan laut mengandung omega 3 yang baik untuk gizi otak Anda. Jenis ikan tawar yang merakyat seperti nila, lele, mas dan tawes bisa Anda pilih. Padukan resep masakan dengan jenis ikan tawar yang cocok karena rasa daging tiap jenis ikan sangat khas dan unik. Ikan mas lebih cocok dibuat pepes, masakan berkuah daripada digoreng biasa. Resep masakan nusantara kaya dengan rempah-rempah, jadi dapat dipastikan kelengkapan gizi dan kesehatannya terpenuhi. Jenis ikan laut yang merakyat diantaranya pindang, sarden, bandeng, udang-udangan, cumi dll.

Anda tak akan bosan dengan variasi resep masakan nusantara yang ada. Apapun jenis ikan yang dibeli dapat dipadupadankan dengan racikan aneka bumbu asli Indonesia. Seperti masakan mangut lele yang bahan dan bumbu sangat mudah didapatkan oleh ibu-ibu di warung setempat. Bahkan sup ikan gurami dapat serasi dengan bumbu ala masakan China. Tentu masakan yang paling mudah dibuat yaitu ikan goreng. Akan tetapi, alangkah baiknya kita bisa membuat inovasi dan berkreasi sendiri dengan kekayaan rempah-rempah nusantara. Variasi menu buka puasa dan sahur berbahan dasar ikan yang disantap bersama keluarga tercinta akan terasa lebih nikmat, lezat dan tidak membosankan.