Anak-anak pra-TK, TK dan SD senang menggambar objek pemandangan karena mudah dilihat dan diamati. Objek gambar pemandangan yang sering dipilih yakni dua gunung, matahari, jalan, sawah dan pohon. Objek standar ini terfavorit di kalangan anak-anak. Jika anak Anda masih di dalam usia TK, masih duduk di bangku kelas 1 sampai 3 SD, pemilihan objek gambar tersebut masih dalam batas kewajaran. Akan tetapi, jika anak Anda sudah duduk di bangku kelas 4 atau ke atasnya, ada perkembangan yang kurang dalam pengetahuan teknik-teknik menggambar. Anak-anak seperti ini perlu dilatih dan banyak praktek menggambar
Cover buku panduan pintar membuat gambar pemandangan |
Ada baiknya sejak usia pra-TK diajari corat coret gambar. Biarkan anak mengembangkan kreatifitasnya sendiri. Lambat laun, si anak akan mengalami perkembangan dan kemajuan dalam hal menggambar sesuai kemampuan. Gambar bersifat universal. Tidak harus dimiliki oleh orang yang berbakat gambar. Karena, gambar bisa dijadikan sebagai alat komunikasi dengan orang yang berlatar belakang apapun. Pemandangan di permukaan Bumi berpola sama, entah itu gunung, pantai, sungai, lautan, daratan dll. Biarkan, anak berimajinasi dengan objek alam sesuai kadar penangkapan mereka. Agar lebih terarah, ajari teknik-teknik menggambar yang baik dan benar kepada mereka.
Jadi, proses kreatifitas anak lebih diutamakan daripada hasil gambar yang mereka peroleh. Hanya saja, kita perlu memberikan arahan pada anak-anak sejak dini, bagaimana cara menggambar pemandangan yang benar. Karena, teknik-teknik menggambar yang benar ini akan berguna untuk memahami banyak pelajaran di tingkat-tingkat selanjutnya. Pelajaran menggambar digunakan untuk semua bidang, baik ilmu sosial maupun ilmu alam. Manfaatnya sangat besar untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan logika Anak.