Menaman keladi 'sweetheart' (Caladium 'Florida sweetheart')

Menanam keladi 'sweetheart' (Caladium 'Florida sweetheart') di taman atau teras rumah akan memberikan nuansa cerah ceria. Pasalnya, warna daunnya yang pink itu mampu menyemarakan suasana sekitar taman atau teras rumah. Tambahan lagi, adanya penataan taman dan teras rumah yang apik akan memberikan nilai plus pada tanaman keladi ini. Kehadirannya, bak gadis cantik yang mampu menarik siapa saja untuk memandanginya.

Daun tanaman keladi hias ini berbentuk seperti hati. Tanaman ini memiliki tepi daun yang sedikit bergelombang. Tepi daun tersebut berwarna hijau dan mengelilingi bagian tengah daunnya yang berwarna pink. Urat daunnya juga berwarna pink. Di bagian tengahnya terdapat bercak-bercak putih tersebar.
Keladi sweetheart (Caladium 'Florida sweetheart')
Keladi 'sweetheart' (Caladium 'Florida sweetheart')
Untuk menanam keladi hias ini bisa diambil dari anakannya. Tiap anakan yang muncul ini terdapat umbi berbentuk bundar gepeng. Saat penanaman harus menyertakan umbi-umbi ini. Media tanam yang dibutuhkan oleh si keladi cantik sebaiknya kaya humus seperti lapukan serasah-serasah daun atau kompos yang sudah jadi.

Walaupun, tanaman ini menghendaki kelembaban tanah yang tinggi, ia tidak menyukai media yang becek atau tergenang oleh air. Aerasi media tanam juga harus cukup baik supaya tersedia udara di dalamnya untuk respirasi perakaran dan umbi tanaman. 

Menanam keladi 'sweethear' (Caladium 'Florida sweetheart') di dalam pot maupun langsung di taman memerlukan persyaratan media tanam seperti di atas. Penanaman secara mengelompok akan membuatnya terlihat indah. Apalagi diselang-seling dengan keladi lainnya yang berwarna putih. Keladi ini bisa juga ditanam secara hidroponik dengan media tanam perlit, arang atau lainnya.

Sebagai tanaman indoor, perhatikan kebutuhan cahayanya. Cahaya yang cukup akan berdampak pada kesehatan daunnya. Daun tidak tampak lemas atau mudah terserang penyakit. Hama bekicot menyukai daun-daun yang pertumbuhannya tidak sehat ini. Demikian pula dengan kutu-kutu salju yang senang bersarang di balik dedaunan tak sehat ini.

Menanam keladi 'sweetheart' (Caladium 'Florida sweetheart') memang membutuhkan banyak perhatian. Terutama pada tingkat kelembaban media tanam daan kebutuhan cahayanya supaya tumbuh optimal. Terkadang, tanaman harus dikeluarkan supaya terkena udara bebas beberapa waktu lamanya supaya segar kembali.