Menanam Kalatea (Calathea lindeniana)

Menanam kalatea (Calathea lindeniana) tidak boleh sampai terkena sinar matahari langsung. Tanaman hias berdaun indah ini akan menggulung daunnya saat terpapar sinar matahari langsung terlalu banyak. Daun-daunnya akan tampil cantik bila berada di tempat-tempat yang selalu terkena bayangan atau di tempat-tempat yang ternaungi.

Tangkai daun kecil dan panjang. Pada tulang daun utamanya berwarna putih. Helaian daun memiliki corak seperti pedang yang sedang menyala. Bagian bawah daun berwarna ungu gelap.
Kalatea Calathea lindeniana
Tanaman kalatea (Calathe lindeniana)
Untuk bisa menanam kalatea (Calathea lindeniana), cara yang termudah yaitu dengan pemisahan anakannya. Lakukan pemisahan anakan yang sudah lengkap bagian akar, rimpang dan daun-daunnya. Kurangi daunnya dengan cara dipotong setengahnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi penguapan.

Siapkan media tanam berupa tanah halus, pasir dan sekam padi. Wadah tanam yang dipakai bisa pot atau polibag. Bisa juga langsung ditanam ke dalam tanah. Asalkan, tempatnya tidak langsung terkena sinar matahari. Tanam anakan kalatea. Siram secara teratur. Tanaman hias berdaun indah ini sangat cocok ditempatkan di teras-teras rumah atau dekat dinding tembok yang biasanya sering ternaungi oleh bayangannya.

Menanam kalate (Calathe lindeniana) terbilang mudah. Kemungkinan hidupnya besar. Relatif tahan terhadap serangan hama penyakit. Keindahan tanamannya pun pantas dinikmati.