Menanam Tanaman Hias Suplir Trapesium (Adiantum trapeziforme)

Nama lainnya giant maidenhair. Tanaman hias ini sering dijumpai di halaman-halaman rumah. Banyak orang yang menyukai sosoknya. Daun-daunnya yang kompak dengan tangkai-tangkainya yang berwarna hitam legam membuat nuansa kelembutan pada pekarangan rumah atau teras rumah. Menanam tanaman hias suplir trapesium (Adiantum trapeziforme) pada taman atau teras rumah Anda akan membuat nuansa kelembutan di sekitar lingkungan rumah Anda.

Sesuai dengan namanya, bila diperhatikan secara detail, daunnya tampak berbentuk seperti trapesium. Tanaman hias ini sering dijadikan sebagai tanaman hias pot yang kerap diletakkan di teras rumah. Tanaman ini menyukai tempat-tempat teduh.
Suplir trapesium (Adiantum trapeziforme)
Suplir trapesium (Adiantum trapeziforme)
Perbanyakan tanaman suplir dengan cara pemisahan rumpun dan spora. Cara pemisahan rumpun harus menyertakan banyak akar serabutnya. Daun-daun dibuang untuk mengurangi penguapan. Anakan yang sudah dipisah segera saja ditanam dan letakkan di tempat teduh. Sayangnya, perbanyakan dengan cara ini hanya memperoleh tanaman dalam jumlah sedikit.

Cara perbanyakan dengan spora akan menghasilkan tanaman baru dalam jumlah banyak. Letak spora berada di bawah daun-daunya. Ambil daun-daun yang sporanya sudah tua. Spora yang sudah masak berwarna coklat dan jika disentuh terasa ada serbuk-serbuknya. Masukkan daun-daun ini ke dalam kantong plastik. Tutup rapat. Kantong-kantong plastik ini dijemur supaya spora-spora terlepas dan terkumpul di dalam kantong plastik.

Teknis menanam tanaman hias suplir trapesium (Adiantum trapeziforme) yang berasal dari spora:
Siapkan media tanam berupa moss lembut. Wadah persemaian memakai kotak plastik yang sudah dilubangi di bagian dasarnya. Bagian atasnya ditutup menggunakan kaca. Supaya sirkulasi udara lancar, kaca dilatakkan sedikit di atas bibir wadah plastik. Untuk membuatnya bisa dengan cara mengganjalnya.

Jaga kelembaban media moss supaya sesuai untuk pertumbuhan spora-spora ini. Spora-spora yang terkumpul di dalam kantong plastik bisa ditaburkan secara merata di atas moss. Semprot dengan sprayer halus atau bisa juga dengan meneteskan sedikit demi sedikit air ke dalam moss. Setelah beberapa hari, spora-spora akan berkecambah. Terlihat adanya semacam lumut-lumut kecil berwarna hijau. Jaga kelembaban media moss. Jangan sampai kekeringan. Penyatuan sel jantan dan sel betina akan terjadi melalui bantuan air.

Spora yang berhasil mengadakan pembuahan akan ditandai dengan kemunculan daun pertama suplir. Daunnya masih tunggal, berukuran kecil. Lama-kelamaan akan tumbuh membesar. Apabila wadah persemaian sudah terlalu sesak dengan bibit-bibit suplir ini segera saja dipisah-pisah dan ditanam di wadah baru.

Perbanyakan dengan cara spora bisa menghasilkan banyak anakan suplir dan bisa memperoleh banyak keanekaragaman genetik suplir. Bisa saja Anda bisa memperoleh tanaman suplir yang bentuk dan warna daunnya aneh-aneh. Bisa bentuk daun-daunnya bertumpuk atau daun "variegata". Tanaman suplir seperti ini akan dihargai mahal karena kelangkaannya. Menanam tanaman hias suplir trapesium (Adiantum trapeziforme) tidaklah sulit. Perawatan dan pemeliharaannya mudah.