Perawatan Rumput Taman Untuk Rumah Minimalis

Perawatan rumput taman rumah minimalis meliputi penyiraman, perataan, pemadatan, pembersihan gulma, pemangkasan, pemupukan, penyegaran atau renovasi lahan rumput yang sudah tua, perlindungan dari serangan hama penyakit.

Cara perawatan mempengaruhi tampilan dan keindahan rumput taman. Untuk mempermudah perawatannya, diperlukan persiapan lahan, drainase dan cara penanaman yang baik dan benar. 

Penyiraman rumput taman rumah minimalis
Apabila pengolahan tanah dan drainase tergolong baik dan kondisi cuaca cukup terik, maka pada umumnya diperlukan air siram sebanyak 10 liter untuk setiap meter persegi rumput taman. Jumlah ini akan berkurang jika kelembaban udara melebihi 60%. Idealnya, jumlah air tersebut dibagi dua untuk penyiraman pagi dan penyiraman sore. Air siraman sebanyak itu bisa meresap ke dalam tanah dengan baik. Walaupun penyiraman sering dilakukan, tapi jumlah air siraman yang diberikan terlalu sedikit akan berakibat tidak baik bagi pertumbuhan rumput. Air hanya akan membasahi permukaan daun-daun rerumputan saja. Pertumbuhan rumput yang tidak baik akan mengundang hama dan penyakit pada rerumputan.
Rumput taman untuk rumah minimalis
Rumput jepang. Cocok ditempatkan di depan rumah
Pada hamparan yang dipersiapkan dengan baik dan sudah ditanam beberapa tahun, rumput akan lebih tahan terhadap kekeringan atau frekuensi penyiraman yang agak jarang. Hal itu dimungkinkan karena akar rumput dapat tumbuh sangat panjang jauh melebihi tinggi rumput sehingga akar rumput mampu menyedot persediaan air dari lapisan tanah yang dalam.

Cara penyiraman rumput taman rumah minimalis yang baik yaitu dengan membuat percikan air yang halus. Misalnya, memakai gembor, selang dengan ujung yang menyebar atau dengan sprinkle. Air yang dapat mempertahankan kualitas rumput taman hanyalah air yang bersih. Kalau air penyiraman keruh atau kotor maka akan berakibat buruk terhadap penampilan dan kesehatan hamparan rumput tersebut. Akibatnya akan terjadi endapan lumpur yang lambat-laun menumpuk dan menghambat aerase dan peresapan air. Bila endapan itu kering maka akan memadat dan pecah-pecah. Keadaan begini mengakibatkan kerusakan pada pangkal rumput. Salah satu jenis rumput yang toleran terhadap air yang mengandung garam NaCl dan tumbuh subur di pantai-pantai adalah Zoysia matrella.

Perataan dan pemadatan rumput taman rumah minimalis
Pemilik hamparan rumput taman tentu menginginkan rumput yang rata, stabil dan sedikit padat. Cara pemadatan dapat menerapkan pemakaian alat penggilas rumput. Alat penggilas ini bisa dibuat sendiri. Manfaatkan drum bekas ukuran kecil yang berisi semen dan bagian tengahnya diberi tangkai dari besi sebagai pegangan atau pengikat tali penarik. Ukuran penggilas ini umumnya bergaris tengah 40 cm, panjang 60 cm dan berat sekitar 30-50 kg. Alat ini ditarik atau digulung-gulungkan pada permukaan rumput berulang-ulang kali sampai rata dan stabil.

Penggilasan rumput dilakukan pada umur tanam 2 minggu, 4 minggu dan 8 minggu untuk rumput yang ditanam dari lempengan. Untuk rumput yang ditanam dari stolon, setek rhizoma, rumpun serta biji dilakukan setelah permukaan tanah tertutup rumput, yaitu sekitar 3-5 bulan. Kalau terdapat permukaan tanah yang kurang rata maka cekungannya ditutup dengan pasir urug atau tanah subur yang gembur dan dibiarkan sampai tertutup rumput. Setelah itu, hamparan rumput digilas lagi sampai rata dan kompak.

Pembersihan gulma rumput taman rumah minimalis
Sudah pasti, gulma akan tumbuh sejak awal penanaman. Gulma-gulma ini tumbuh di antara sela-sela rumput taman. Walaupun sama-sama rumput, tapi tampilan dan sosoknya yang berbeda akan membuat rumput taman berpenampilan jelak bila dipandang secara keseluruhan.

Jenis-jenis gulma tersebut, antara lain; alang-alang, rumput domdoman, dan gulma-gulma lainnya. Jika jenis-jenis gulma tersebut tumbuh, segera saja dicabut sampai ke akar-akarnya. Jangan sampai ada bagian yang tertinggal atau malah sampai berbunga dan menyebarkan biji-bijinya. Pembersihan gulma rutin dilakukan dan harus sedini mungkin. Terlambat membersihkan gulma akan membuat bertambah sulit dalam pembersihannya dan pada akhirnya akan membuat bengkak biaya pembersihannya.

Pemangkasan rumput taman rumah minimalis
Supaya rumput tetap sehat, permukaannya tetap rata, perlu dilakukan pemangkasan secara teratur dan benar. Mata pangkas pada alat pemangkasan harus tajam dan bersih. Alat-alat pangkas tradisional seperti golok rumput, sabit, gunting pangkas bisa dipakai. Alat pangkas modern bermesin seperti alat pangkas gendong, dorong bermesin atau yang berupa traktor kecil akan memudahkan pekerjaan pemangkasan. Alat-alat modern ini bisa disetel untuk menentukan ketinggian pemangkasannya.

Tinggi pemangkasan yang biasanya diterapkan sekitar 3-5 cm dari permukaan tanah. Frekuensi pemangkasan tergantung dari jenis rumput dan tingkat kesuburannya. Namun, pemangkasan yang sering dilakukan akan menghasilkan pangkasan yang lebih baik, asalkan tinggi pangkasan tetap stabil. Rumput yang terlambat dipangkas akan meninggalkan bekas pangkasan yang pucat dan kaku. Penyebabnya, batang-batang rumput tersebut kekurangan cahaya karena tertutupi rimbunnya rerumputan yang lebih tinggi. Di samping itu, diperlukan waktu dan tenaga lebih untuk menyapu dan mengumpulkan limbah sisa pangkasan. Pemangkasan yang dilakukan antara 3-7 hari sekali bertujuan untuk membuang pucuk daun rumput sepanjang 1-2 cm. Potongan ini langsung jatuh di sela-sela rumpun bahkan dapat menjadi tambahan bahan organik untuk menambah kesuburan tanah. Selain itu, tidak diperlukan tenaga khusus untuk membuangnya.

Pemupukan rumput taman rumah minimalis
Pupuk yang diberikan sejak persiapan lahan pertanaman berupa pupuk organik sebanyak 2,5 kg per meter persegi atau 2,5 ton per hektar. Di samping itu dapat juga ditambahkan pupuk NPK 15-15-15 sebanyak 30 gram per meter persegi atau 300 kg per hektar yang disebarkan pada lahan yang siap ditanami.

Pemukupan selanjutnya diberikan setiap selesai melakukan penggilasan. Pupuk yang diberikan berupa larutan urea atau pupuk lengkap dengan kadar N tinggi dengan konsentrasi 1 gram per liter air. Larutan ini disiramkan sebanyak 3-5 liter per meter persegi. Selanjutnya pemupukan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

Penyegaran rumput taman
Rumput taman yang sudah lama dan mengalami banyak kerusakan karena pemadatan dan sering terinjak, rumput yang kurang nutrisi, warna hijau yang tidak merata perlu dilakukan penyegaran kembali. Kegiatan penyegaran bisa dilakukan dengan cara membongkar seluruh permukaan rumput. Langkah selanjutnya, tinggal melakukan penanaman kembali baik berupa lempengan atau berupa rumpun. Sebelum penanam kembali, tanah diolah dulu.

Cara penyegaran kembali yang lain yaitu dengan penggemburan. Tanah digemburkan, menggunakan garpu injak tanpa mengangkat lempengan rumput. Dengan demikian, akan terbentuk bekas cocok-cockan garpu pada permukaan rumput dengan kedalaman sekitar 20 cm. Lobang-lobang kecil tersebut dibiarkan saja terbuka selama beberapa hari untuk memberi kesempatan udara bisa masuk. Setelah itu, bagian atasnya ditebarkan pasir urug dicampur dengan pupuk kandang halus. Gunakan komposisi 1:1 dan tambahkan kapur dolomit sekitar 5% dari volume campuran tersebut. Campuran ini diratakan hingga hampir menutupi seluruh permukaan rumput dan mengisi lekuk-lekuknya. Dengan demikian, hamparan rumput menjadi benar-benar rata. Selanjutnya, rumput rutin disiram. Satu hingga dua minggu kemudian, setelah permukaannya hampir penuh tertutup rumput, dilakukan penggilasan dan dilakukan perawatan seperti biasanya.

Perlindungan rumput taman dari hama penyakit
Rumput taman rumah minimalis yang sudah jadi harus dirawat dan dipelihara supaya terhindar dari gangguan hama penyakit. Gangguan yang sering terjadi yaitu adanya botak-botak karena bagian akarnya dimangsa larva kumbang, semut dan rayap.

Cara mengatasi gangguan ini yaitu dengan menggali dan membuang seluruh bagian tanaman yang terserang. Lakukan penyemprotan pestisida dan tutup kembali dengan tanah yang bebas hama. Lakukan juga penanaman lempengan rumput baru. Perlakuan ini bisa diterapkan untuk gangguan penyaki seperti cendawan rizoctina, schleerotinia, fusarium dll. Hanya saja perlu dilakukan pemberantasan dengan larutan fungisida. Pemakaian furadan atau Ditahane bisa diterapkan untuk membasmi organisme patogen seperti ini. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik akan diperoleh rumput taman rumah minimalis yang cantik dan indah serta menyegarkan.