Gambar Taman Rumah Minimalis Layak Pilih

Berikut ini 3 gambar taman rumah minimalis yang layak Anda pilih. Ada tiga bentuk dasar desain dalam membuat taman. Pertama, bentuk desain formal. Kedua, bentuk dasar desain informal. Ketiga, gabungan keduanya. Bentuk formal, misalnya; bundar, persegi dan bangun-bangun lainnya yang simetris. Bentuk informal, misalnya; lengkung, kelok-kelok dan bangun-bangun lainnya yang tak simetris. Bentuk gabungan dari formal dan informal bisa juga diterapkan.
Gambar taman rumah minimalis
Gambar taman rumah minimalis
Desain taman minimalis yang dipilih sebaiknya menyesuaikan ketersediaan lahan, ketersediaan waktu untuk merawatnya dan anggaran yang dikeluarkannya. Pada rumah minimalis, luas lahan yang tersedia biasanya sempit. Oleh karena itu, sebaiknya dipilih bentuk sesuai ketersediaan lahan yang tersisa. Kalau yang tersisa adalah bentuk persegi, maka bentuk itulah yang dipilih. Kalau hanya yang tersedia bentuk melengkung, berarti, bentuk itulah yang dipakai.
Untuk menciptakan taman, sebaiknya buat dulu gambar taman rumah minimalis supaya mempermudah dalam pelaksanaannya. Perhatikan kontur lahan, letak saluran pembuangan air, paparan sinar matahari. Hal ini penting diperhatikan untuk menentukan bahan-bahan apa saja yang akan dipakai dalam pembuatan taman. Ada dua elemen yang akan dipakai dalam pembuatan taman, yaitu elemen lunak dan elemen keras.

Elemen lunak terdiri dari berbagai aneka jenis tanaman. Elemen keras terdiri dari material-material padat seperti bebatuan, cor semen, patung. Kedua elemen tersebut saling berpadu dan saling mengisi. Dengan penempatan yang tepat, elemen-elemen tersebut dapat menciptakan taman yang indah dan cantik.

Gambar taman rumah minimalis bentuk informal yang paling sering dipilih oleh masyarakat pada umumnya. mereka berpandangan desain informal lebih luwes. Bentuk berkelok-kelok dipandang lebih bernilai seni dibanding dengan bentuk persegi. Bentuk lengkung dengan kelokan juga terkesan luwes dan anggun. Bentuk-bentuk ini juga akrab dikenal oleh banyak orang.

Lahan sempit memang tidak leluasa untuk memilih elemen-elemen yang akan ditempatkan pada taman. Oleh karena itu, disarankan pilih elemen yang mengesankan taman itu luas. Hindari pemilihan elemen-elemen yang terlalu ramai atau memakan banyak ruang. Elemen keras hamparan patut dipilih karena kesan ruang menjadi luas sangat terasa. Misal, hamparan pasir atau kerikil. Lainnya, hamparan rumput.

Bentuk gambar taman rumah minimalis yang ketiga yaitu kombinasi bentuk formal dan infoormal. Penerpannya perlu kecermatan, mengingat taman ini akan memakan banyak ruang. Elemen keras maupun elemen lunak yang akan dipilih juga harus cermat. Harus bisa berpadu membentuk taman yang enak dilihat dan dipandang mata. Dalam perpaduan bentuk ini, sebaiknya tetap memiliha satu titik pandang utama saja. Hindari point of view yang terlalu banyak karena bisa saja malah merusak nilai keindahan taman itu sendiri. Biasanya titik point of view yang dipilih yaitu pohon indah, patung, atau elemen-elemen keras lainnya.