Taman Belakang Rumah Minimalis Hunian Sehat

Bagian taman belakang rumah tak kalah pentingnya dengan bagian taman depan rumah. Manfaat dan fungsinya sama yaitu dinikmati keindahannya sekaligus memberi kontribusi sebagai hunian sehat bagi penghuninya dan lingkungan di sekitarnya. Prinsip dasar pembuatannya sama, ketersediaan lahan, membuat desain taman, pemilihan elemen keras dan lunak, posisi drainase air dll. 

Taman di belakang rumah memiliki tingkat privasi yang tinggi dibandingkan taman di depan rumah. Orang lain jarang menikmatinya. Oleh karena itu, pemilik rumah bisa mendesain taman sesuai dengan keinginan dan kepribadiannya. Taman ini bisa berfungsi sebagai ruang meditasi bagi pemiliknya. Dengan penambahan gazebo atau bentuk bangunan bersantai lainnya bisa juga untuk ruang bercengkerama bagi semua anggota keluarga.
Desain taman belakang rumah minimalis
Topiori atau pohon indah harus rutin dipangkas
Bentuk taman belakang rumah minimalis disesuaikan dengan ketersediaan lahan yang ada. Biasanya, lahan yang tersisa setelah bangunan rumah berdiri. Bentuk umum lahan yang sering dijumpai biasanya persegi. Karena luas lahan yang tersedia untuk taman biasanya sempit, sebaiknya pilih desain taman yang mengesankan lebar dan simpel. Taman bentuk hamparan sangat cocok dengan satu point of view.

Hamparan rumput akan memberi kesan luas. Jenis rumput yang dipilih bisa dari jenis rumput gajah mini atau rumput jepang. Jenis-jenis rumput tersebut akan memberikan tekstur lembut pada taman. Untuk elemen keras, tambahkan kerakal atau bebatuan sebagai jalan. Untuk point of view, bisa dipilih bangunan gazebo yang diletakkan di pojok taman. Point of view berupa topiori atau pohon indah, bisa juga dipilih.

Hal yang terpenting dari semua itu di atas, taman belakang rumah minimalis harus menjadi hunian sehat bagi penghuni rumah dan lingkungan sekitarnya. Taman belakang rumah tidak hanya dinikmati keindahannya saja, tapi bisa sebagai arena bermain, belajar dan bersantai bagi semua anggota keluarga Anda. Anggaran untuk membuat taman ini tidak harus besar dan mahal. Desain yang sederhana, pemilihan elemen-elemen yang murah bisa  tercipta taman yang indah dan sehat.

Untuk memelihara dan merawat taman di belakang rumah, dibuat sesederhana mungkin. Misal, hamparan rumput, cukup dilakukan dengan cara pemangkasan rutin. Gazebo, cukup dibersihkan saja. Demikian pula dengan topiori atau pohon indah, cukup dipangkas rutin supaya bentuknya tetap indah.