Tempat Wisata Di Jogja Favorit Wisatawan

Tempat Wisata Di Jogja Berikut ini merupakan favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara. Berawal dari kawasan Malioboro dan titik nol, kawasan Candi Prambanan, kawasan wisata alam Gunung Merapi, kawasan wisata pantai, kawasan Candi Borobudur dan sentra-sentra pusat kerajinan.

Daerah Istimewa Jogjakarta memiliki nilai historis yang tinggi di samping nilai kekayaan sumber daya alam dan budaya masyarakatnya. Jogjakarta pernah menjadi pusat kerajaan-kerajaan kuno di Jawa. Pernah juga menjadi ibukota Indonesia pada masa-masa perjuangan kemerdekaan. Di jogjakarta pula, kerajaan yang tersisa di Indonesia masih utuh, lengkap dengan sistem pemerintahan yang diterapkan. Jogjakarta bukan lagi berstatus provinsi, tapi sudah menjadi wilayah otonom tersendiri di NKRI. Benar-benar istimewa.

Tempat wisata di Jogja kawasan Malioboro dan titik nol kilometer
Hampir setiap wistawan mengenal Malioboro. Ya, Jalan Malioboro ini terletak di pusat Kota Jogjakarta. Jalan yang menghubungkan antara Keraton dengan Tugu Jogja. Pusat pariwisata, bisnis dan aneka keramaian maupun hiburan di kota gudeg ini. Hal yang umum terlihat di sepanjang jalan Malioboro adalah lapak-lapak aneka kerajinan industri kreatif. Mulai dari kaos-kaos lucu, aneka bunga berbahan dasar lontar, batik, souvenis, aneka kuliner khas Jogja hingga toko-toko modern dengan produk-produk modern terkini. Di titik nol kilometer berdiri megah bangunan-bangunan bersejarah yang masih terawat baik. Ada istana presiden, benteng Vredeburg, Kantor Pos Besar, Kantor BI yang memberi kesan kemegahan pada masanya.
Tempat wisata jogja favorit
Kawasan wisata jogja yang masih perawan
Kelak, jalan di sepanjang Malioboro dijadikan sebagai kawasan pedestrian. Dengan demikian, para wisatawan akan merasa lebih nyaman berlama-lama di kawasan ini. Penambahan fasilitas sarana umum, pembatasan kendaraan bermotor yang melewati kawasan ini akan mendukung terciptanya kawasan pedestrian. Suasana indah, nyaman dan keramahtamahan masyarakat Jogja akan menambah nilai plus sebagai tujuan utama wisata di Indonesia.

Tempat wisata di Jogja kawasan Candi Prambanan
Letak kawasan Candi prambanan berbatasan langsung dengan Klaten. Daerah yang terkenal dengan banyak bangunan-bangunan candi peninggalan kerajaan-kerajaan hindu kuno. Candi prambanan sudah terdaftar sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Tidak mengherankan, kalau Candi-candi yang ada dipelihara dan dirawat dengan baik. Berbagai sarana yang nyaman pun telah tersedia di kawasan candi ini untuk para wisatawan yang berkunjung. Setiap pekan rutin digelar aneka pertunjukan budaya seperti sendratari "Anoman Obong" di pelataran Candi Prambanan.

Tidak jauh dari lokasi Candi prambanan terdapat Reruntuhan Candi Boko. Dari Candi Prambanan jaraknya hanya sekitar 1 km. Lokasi Candi Ratu Boko itu sendiri berada di atas bukit. Selain menikmati kekagunan istana peninggalan Ratu Boko, kita dapat menikmati view indah kota Jogjakarta dari ketinggian bukit ini. Sarana umum untuk para wisatawan tersedia nyaman. Para wisatawan bisa duduk-duduk di kafe sambil menikmati sunset yang terlihat indah dan menawan.

Tempat wisata di Jogja kawasan Gunung Merapi
Ingat kedahsyatan letusan Gunung Merapi 2010. Ya, hasil letusannya menciptakan bentang alam yang memukau. Cocok sebagai wisata petualangan (adventure) kawasan gunung berapi. Di sini, wisatawan bisa menikmati material lava yang membentuk kontur-kontur lahan yang menakjubkan. Selain keindahan lava, wisatawan bisa juga menikmati vies pemandangan di Kaliurang. Hawa sejuk, pemandangan indah akan memberikan kesegaran bagi para wisatawan yang berkunjung.

Wisata kuliner khas Jogja patut diburu. Kue-kue khas tradisional seperti jadah tempe akan terasa nikmat disantap saat berada di Kaliurang. Aneka kuliner khas lainnya seperti gudeg, buah pisang khas Kaliurang, soto Jogja tersedia juga di tempat wisata ini.

Tempat wisata di Jogja kawasan wisata pantai
Siapa yang tidak mengenal Pantai Parangtritis. Pantai terkenal yang ada cerita mitos Pangeran Panembahan Senopati bertemu dengan ratu penguasa pantai selatan "Nyi Roro Kidul". Deburan ombak di sepanjang pantai wilayah Jogja besar-besar. Diharapkan para wisatawan untuk selalu berhati-hati saat bermain-main dengan ombak di pantai-pantai ini. Terlena sedikit bisa berakibat fatal. Bisa terseret ombak dan terjebak di palung pantai-pantai ini.

Beberapa wisata pantai yang masih terbilang perawan di Jogja yaitu pantai-pantai di sepanjang Gunungkidul. Lokasi pantai-pantai ini memang jauh dan cukup ekstrim. Namun, view-nya benar-benar indah dan pantas dinikmati. Ada pantai yang berpasir putih, ada juga pantai yang berkarang-karang. Benar-benar asli dan perawan.

Selain, kawasan-kawasan di atas tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi yaitu sentra-sentra kerajinan di daerah Bantul. Hasil kerajinan gerabah, sepatu, aneka souvenir terdapat di bantul. Tersedia showroom untuk para wisatawan yang akan langsung bertransaksi. Bahkan, para pengunjung bisa langsung melihat proses pembuatan kerajinan itu sendiri.