Budidaya Ikan Hias Air Tawar Cupang Crown Tail

Budidaya ikan hias air tawar cupang menjanjikan keuntungan yang tinggi. Tidak hanya sebagai aduan, cupang hias pun memiliki nilai jual yang tinggi. Kali ini kita akan membahas cupang hias untuk tujuan kontes. Cupan juara kontes bisa berharga puluhan juta. Nilai yang sangat tinggi. Perawatan dan pemeliharaannya cukup mudah. Pemijahannya pun tidak membutuhkan persyaratan yang rumit.

Tak dibutuhkan kolam yang luas untuk budidaya cupang. Gunakan saja ukuran kolam seluas bak-bak yang biasa untuk mandi. Pada umumnya, ukura kolam yang diterapkan yaitu 1 m x 2 m atau menggunakan akuarium 100 cm x 40 cm dan tinggi 50 cm. Kolam dan akurium seluas ini untuk pembesaran. Sedangkan untuk pemijahannya, cukup menggunakan akuarium kecil atau ember sebagai wadah pemijahan.
Budidaya ikan cupang hias
Budidaya cupang
Dalam budidaya ikan hias air tawar cupang, membedakan jenis kelamin jantan dan betina sangatlah mudah. Cupang jantan memiliki warna yang lebih indah dan memiliki sirip yang panjang. Sedangkan cupang betina berwarna kusam dan sirip lebih pendek. Ciri indukan betina siap memijah yaitu umur telah mencapai 4 bulan, gerakan ikan tampak lambat dan bentuk badan membulat.

Cara memijahkan cupang
  1. Menyediakan wadah pemijahan berupa akuarium atau ember
  2. Beri air bersih dengan ketinggian 15-30 cm
  3. Masukkan cupang jantan
  4. Tutup wadah pemijahan
  5. Keesokan harinya, pada waktu sore hari, cupang betina siap memijah dimasukkan ke dalam wadah pemijahan.
  6. Biarkan semalaman, keesokan harinya tinggal diperiksa keadaan wadahnya. Biasanya, telur-telur sudah menempel di sarang yang bentuknya seperti busa yang dibuatkan oleh cupang jantan.
  7. Cupang betina diambil, sedangkan cupang jantan tetap berada di wadah pemijahan untuk merawat telur hingga menetas.

Tahap budidaya ikan hias air tawar cupang selanjutnya, yaitu membesarkan burayak-burayak cupang. Pada awalnya, burayak-burayak cupang masih memakai cadangan kuning telurnya. Setelah habis cadangan kuning telurnya, segerap dipindahkan ke kolam pembesaran. Setelah dipindahkan, beri kutu air. Wadah pembesaran burayak-burayak ini sebaiknya ditutup bagian atas supaya tidak terkena terpaan air hujan atau angin. Setelah 10 hari, burayak-buarayak dipindahkan lagi ke wadah yang lain. Pemindahan ini dilakukan supaya burayak cepat membesar.


Tujuan akhir dari budidaya ikan hias air tawar cupang yaitu pemanenan. Panen bisa dilakukan setelah cupang berumur 1 bulan. Lakukan seleksi cupang-cupang ini. Pilih cupang yang memiliki bentuk tubuh bagus, sehat, tampak indah. Taruh cupang-cupang berkualitas ini ke dalam wadah tersendiri secara individual supaya tidak terjadi pertarungan. Cupang yang berumur 1,5-2 bulan akan menampilkan keindahannya. Cupang ini siap mengikuti kontes atau siap dipasarkan.