Untung Besar Budidaya Lada Perdu

Penampilan mini, tinggi 1-1,5 meter merupakan salah satu keunggulan dari lada perdu. Tampilan yang pendek ini memudahkan perawatan. Dengan tajuk tanaman yang menjuntai, lada perdu cocok ditanam rapat pada satu lahan. Jumlah lada perdu yang ditanam bisa mencapai 3.000 tanaman per hektar. Pemeliharaan selama setahun sudah bisa memperoleh panen sebanyak 1,5 ton per hektar atau sekitar 0,5 kg/tanaman. Sangat menarik bukan?
Budidaya Lada Perdu
Lada Perdu
Bandingkan dengan lada rambat yang baru bisa berbuah pada tahun ke-2. Produktivitasnya pun hanya sekitar 0,3 kg per tanaman. Dengan membandingkan perolehan hasil panen kedua tipe lada tersebut, jelas lada perdu memang lebih unggul dan memuaskan.
Budidaya Lada Perdu
Perkebunan Lada Cepat Panen
Lada perdu sebenarnya bukanlah jenis baru. Ia jenis lada konvensional seperti pada lada rambat. Hanya saja, tanaman ini diperoleh dari hasil perbanyakan dengan cara setek cabang produksi. Lada rambat itu sendiri berasal dari hasil perbanyakan setek cabang vegetatif. Perbanyakan setek cabang produksi tidak memiliki sulur sehingga pertumbuhannya tidak dibutuhkan tiang rambat.

Budidaya lada perdu memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan budidaya lada rambat. Bahkan, pamor dan ketenarannya lebih banyak disukai oleh masyarakat. Apapalagi, masyarakat terlanjur sudah mengenal lada perdu sebagai tanaman hias dalam pot. Lada perdu ini sudah bisa berbuah hanya ditanam di dalam pot.