Cara Membuat Aquascape Murah Meriah Indah

Cara membuat aquascape berikut ini tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Beberapa komponen yang harus dihadirkan bisa diganti dengan komponen lainnya yang lebih murah harganya. Misalnya saja, sistem CO2 dan Chiller sebenaranya tak begitu mendesak dipakai di kawasan beriklim tropis seperti di Indonesia. Kedua komponen tersebut bisa diganti dengan cara menempatkan akuarium di luar ruangan. Sangat murah bukan?

Memang, sistem CO2 dan Chiller kadung sudah melekat sebagai komponen wajib yang harus hadir di dalam aquascape. Padahal komponen tersebut berharga mahal. Sistem CO2 terdiri dari regulator, tabung, skimmer, buble counter dan timer yang berharga jutaan Rupiah. Chiller yang dipakai sebagai pendingin pada aquascape karena penempatannya yang berada di dalam ruangan sehingga meningkatkan suhu air akuarium.

Harga jutaan Rupiah tersebut sebenarnya bisa dipangkas, yaitu dengan mengikuti saran cara membuat aquascape yang murah meriah berikut ini; menempatkan aquascape di luar ruangan. Tempatkan aquascape mengikuti arah sinar matahari yang terbit dari arah timur dan tenggelam di arah barat. Akuarium jangan sampai terkena langsung sinar matahari supaya menghambat pertumbuhan alga. Pemakaian atap berbahan polykarbonat dan shading net sangat disarankan untuk mengurangi intensitas sinar matahari.

Penghematan lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan pemilihan gravel sebagai tempat melekatnya tanaman air. Harga gravel sangat tinggi, terutama yang impor dari Amerika bisa mencapai Rp 320 ribu per kilogramnya. Pemakaian gravel yang mahal ini bisa diganti dengan media pasir, tanah dan kompos. Susunan media tersebut di dalam akurium yaitu, bagian dasar akuarium 25% kompos, di atasnya lapisan tanah 50% dan paling atas berupa pasir 25%. Untuk media pasir harus dicuci terlebih dahulu.

Akuarium yang telah berisi media tersebut, selanjutnya diisi air dan didiamkan selama sebulan. Dua atau tiga hari sebelum media ditanami, air dalam akuarium diganti. Aquascape siap ditanamai dengan jenis-jenis tanaman air. Pilih jenis-jenis tanaman yang relatif tahan banting seperti cabomba, enchinodorus, bacopa dan hygrophyyla. Bagian akar tanaman harus berada di bagian tengah lapisan media yang berisi tanah. Biasanya setelah 2 minggu, akar tanaman sudah tumbuh dan melekat dengan kuat pada media. Setelah itu tinggal ikan-ikan hias dimasukkan.


Cara membuat aquascape di atas tidak memerlukan banyak biaya. Perawatan dan pemeliharaan juga relatif mudah. Air tidak perlu diganti karena sudah ada sistem filter atas sederhana yang sistem kerjanya memompa air ke atas melewati filter mat dan kapas. Yang terjadi biasanya pengurangan air karena penguapan. Supaya tanaman tetap tumbuh sehat, lakukan pemupukan tiap satu tahun sekali. Bagian-bagian tanaman air yang mati jangan dibuang, tapi dipendam saja ke dalam media. Bahan organik ini bisa membuat kesadahan air menjadi lunak.