Hadirkan Keindahan Rumah Dengan Kolam Taman

Kolam tanah banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas. Pasalnya, mereka masih memiliki halaman rumah yang cukup luas (rata-rata 300 meter persegi). Bila hanya ditanami rumput saja tentu akan tampak kosong dan kurang semarak. Ada dua tipe kolam taman yang bisa diterapkan yaitu tipe aktif dan tipe musical. Mana yang akan dipilih, tentu disesuaikan dengan kesenangan dan selera sang pemilik.

Pada tipe aktif, pompa hanya menyemburkan air melalui nozel. Semburan yang terpancar ada beberapa pilihan bentuk seperti payung, gelegak air, tegak lurus dan lingkaran terpecah-pecah dengan posisi kepala nozel yang tetap diam. Untuk tipe musical, semburan air akan tampak seperti menari-nari bak sang penari yang mengikuti alunan musik. Posisi kepala nozel bisa berputar-putar hingga 1800.

Kolam taman dengan tipe aktif banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Masih jarang yang memilih tipe musical. Kesan alami pada tipe aktif memberikan nuansa yang cocok pada taman rumah mereka. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat kolam tipe aktif berkisar 8-10 juta Rupiah untuk seluas 3 m x 4 m dengan kedalaman 60-80 cm dan berbahan beton. Bagi yang tak mau repot-repot membuat kolam tipe ini bisa memilih kolam preformed atau kolam jadi berbahan fiber.

Jelas untuk kolam tipe-tipe di atas harus menggunakan filter, skimmer dan pompa supaya air tetap jernih dan sehat untuk kehidupan ikan hias. Perangkat alat-alat tersebut yang buatan Jerman terbukti berkualitas paling bagus dibandingkan dengan buatan asal pabrikan paman sam maupun Tiongkok. Harganya jelas berbeda jauh. Lebih mahal asal pabrikan Jerman dibandingkan dengan asal pabrikan negara-negara lainnya.

Dengan menghadirkan kolam taman di halaman rumah akan membuat kesan alami yang kuat, sejuk, dan nyaman bagi hunian kita. Apalagi bagi hunian yang berada di tengah-tengah pemukiman padat seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar dll. Adanya kolam juga memberikan nilai prestise tersendiri bagi pemilik rumah bahwa kesan anggun dan mewah sangat terasa bagi siapa saja yang melihatnya.