Perawatan Akuarium Untuk Ikan Arwana Super Red

Ikan arwana super red akan tampil anggun dan berkharisma bila akuariumnya juga bersih dan higienis. Sudah pasti air akuarium yang sehat berarti sistem filternya bagus, parameter fisika, kimia dan biologi sesuai dengan kehidupan ikan purba ini. Penampilan ikan yang sehat, warna cerah, perilakunya bugar merupakan cerminan dari kondisi airnya. Ada pepatah, memelihara ikan arwana super red sama dengan memelihara airnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan akuarium, antara lain; penggantian air, kondisi perlengkapan akuarium seperti aerator, thermometer air, heater, lampu neon ultraviolet, penempatan akuarium, dan kualitas air. Semua poin-poin tersebut saling berkaitan satu sama lain. Satu variabel mengalami kenaikan atau penurunan akan berpengaruh pada variabel lainnya.
Perawatan akuarium untuk ikan arwana super red
Kualitas air akuarium harus benar-benar diperhatikan
Penggantian air total memang membuat air akuarium segar, tapi hal ini bisa berdampak buruk pada ikan arwana super red. Kondisi air yang berubah drastis bisa mengakibatkan stress ikan arwana bila tidak didukung kondisi fisik ikan yang sedang tidak bagus. Penggantian air sebagian lebih disarankan bagi kehidupan ikan arwana karena ikan bisa diberi kesempatan untuk beradaptasi. Namun, bila kondisi akuarium sudah tampak kotor, maka penggantian total air harus dilakukan.

Perawatan akuarium untuk ikan arwana super red yang penting yaitu mempertahankan kualitas air tetap bagus untuk kehidupan ikan. Di dalam akuarium harus tersedia aerator untuk menyediakan oksigen terlarut ke dalam air. Gerakan gelembung-gelembung oksigen dari aerator memiliki fungsi melepaskan karbondioksida dari air. Gunakan aerator yang secukupnya saja, jangan sampai berlebihan karena kandungan oksigen yang terlalu tinggi bisa berakibat pada pecahnya pembuluh-pembuluh darah ikan.


Kualitas air berkaitan dengan banyak faktor seperti pH air, kadar oksigen terlarut, kadar karbondioksida terlarut, kekeruhan air. Bila kondisi air sudah tampak keruh, berarti saatnya dilakukan penggantian air sebagian atau penggantian total. Pastikan kondisi ikan arwana super red dalam keadaan prima dan sehat sehingga pada saat penggantian air, ikan dapat beradaptasri dengan cepat. Perawatan akuarium harus dilakukan setiap hari dan rutin supaya ikan arwana tampil prima.