Rahasia di Balik Susu Kambing Etawa

Jangan berpikir macam-macam jika Anda membaca kalimat Susu Janda muda. Itu hanya nama minuman terbuat dari susu kambing campur kelapa muda. Ada lagi Susu Kolor Ijo, susu kambing campur telur dan kacang hijau. Nama-nama lainnya yang menggelitik rasa ingin tahu itu dapat Anda cicipi di gerai khusus susu kambing.

Gerai di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat misalnya saja, sudah lama menawarkan pilihan khas dan unik bagi para penggemar kuliner. Gerai yang buka 24 jam itu menawarkan susu kambing dengan beragam modifikasi, tentu agar khasiat minuman itu bertambah. Contoh Susu Janda Muda yang berkhasiat meningkatkan stamina dan membersihkan pencernaan.
Susu Kambing Etawa
Susu Kambing Etawa
Lain dengan kaum pria. Mereka biasannya memesan SGM atau Susu Gairah Malam. Isinya susu kambing dicampur telur, madu, dan lada hitam. Ini diyakini dapat meningkatkan gairah seksual. Alasan khasiat susu kambing untuk kesehatan menjadi daya tarik utama.

Kaya gizi
Susu kambing memang belum sepopuler susu sapi. Walaupun begitu, banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Terutama bagi mereka yang tidak cocok mengkonsumsi susu sapi. Susu kambing lebih mudah dicerna karena tersusun dari asam lemak berantai pendek dan sedang. Ukuran butiran lemak juga lebih kecil dibanding susu sapi. Sebagai gambaran ukuran butiran lemak susu kambing, sapi kerbau berturut-turut adalah; 3,49: 4,55: 5,92 mm.

Susu kambing kaya zat gizi terutama vitamin. Riset Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor menemukan tiap 100 gram susu kambing mengandung 185 IU vitamin A; 0,04 mg vitamin B1; 0,04 mg vitamin B2; 0,3 mg niacin dan 0,07 mg vitamin B12.
Walaupun tidak sebesar susu sapi, kandungan kalsium pada susu kambing cukup tinggi. Konsumsi secara teratur dapat mencegah pengeroposan tulang. Ia juga dipercaya membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah kaku sendi, anemia dan mengobati kudis.

Makanan sempurna
Susu kambing banyak dipakai sebagai bahan makanan tamabahan bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada saluran pencernaan bayi berangsur-angsur dapat disembuhkan setelah diberi susu kambing. Sekitar 40 persen pasien yang alergi terhadap protein susu sapi memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing. Alergi terjadi karena sensitifitas terhadap Lactoglobulin yang terkandung pada susu bangsa sapi tertentu.
Susu Kambing Etawa
Kambing Etawa

Dari hasil penelitian Mack pada 1953 diketahui kelompok anak yang diberi susu kambing memiliki bobot badan, mineralisasi kerangka, kepadatan tulang, vitamin A plasma darah lebih tinggi dibanding anak yang diberi susu sapi. Hasil yang sama terjadi pada kadar kalsium, tiamin, riboflavin, niacin dan konsentrasi hemoglobin.

Di samping itu, susu kambing memiliki kapasitas buffer yang lebih baik sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan. Seorang penderita gangguan saluran pencernaan di Lembang, Bandung sembuh setelah rutin meminum susu kambing selama 3 bulan. Hanya saja kandungan vitamin B12 dan asam folatnya rendah. Di luar itu, susu kambing bisa disebut sebagai makanan sempurna.

Susu kambing sangat potensial untuk perbaikan nutrisi karena tidak memiliki Lactose intolerance (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Di sisi lain, minum susu kambing diketahui dapat mengurangi gangguan pernapasan, seperti asma, bronchitis, TBC bahkan juga rematik.


Meski begitu, mekanisme kerja susu kambing dalam mengatasi berbagai gangguan penyakit belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan khasiatnya bagi kesehatan. (Penulis: Ali Khomsan, guru besar Ilmu Pangan dan Gizi IPB). Sumber: Trubus, 419-Oktober 2004/XXXV