Cara Mudah Membuat Kolam Ikan Hias Untuk Taman Rumah

Sekarang ada cara mudah membuat kolam ikan hias untuk taman rumah kita. Cara berikut ini bisa mempersingkat waktu pembuatan kolam dan bisa memilih aneka nuansa yang akan dihadirkan. Inilah kolam taman preformed yang memang terlahir untuk para hobiis yang ingin bebas berkreasi dan bebas dari urusan keharusan membuat desain kolam taman.

Bagi sebagian hobiis ikan hias, urusan mendesain memang bisa merepotkan. Hal ini bisa saja terjadi mengingat jauh-jauh hari hobiis harus mempersiapkan desain kolam yang akan dibangun. Desain kolam yang akan dibuat harus menyesuaikan lokasi dan ketersediaan luas lahan yang ada. Ditambah, pengetahuan struktur tanah harus diperhitungkan, bahan material yang akan digunakan, dan ketersediaan anggaran yang ada.

Ada cara mudah membuat kolam ikan hias untuk taman rumah tanpa harus banyak memperhitungkan tetek bengek seperti di atas. Yaitu dengan memilih kolam preformed. Mengapa begitu? Tentu saja sangat mudah karena kolam preformed merupakan kolam yang sudah dalam bentuk jadi. Bentuk kolamnya sudah terdapat kontur-kontur yang mengadopsi kontur alam.

Kolam preformed sudah dalam bentuk jadi sehingga hanya tersedia beberapa model saja. Bahan material untuk membuat kolam ini terbuat dari pasir dan ballast. Desain yang tersedia mendasarkan pada bentuk danau-danau yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia. Ada sekitar 8 desain kolam, antara lain; Danau Chanka di Sri lanka, Danau Salt Lake di Amerika Serikat, Danau Vanern di Eropa Barat dan Danau Titicaca di Amerika Selatan.

Kolam preformed merupakan cara mudah membuat kolam ikan hias untuk taman rumah yang halamannya terbilang sempit. Luas kolam preformed hanya berkisar 2,5-3 meter persegi, berkedalaman 60-110 cm dan berkapasitas 1.200-2.500 liter. Dengan luas kolam seperti itu, kolam ini hanya bisa diletakkan di halaman saja.

Cara memasang kolam ini sangat mudah. Tinggal menggali tanah dengan luas dan kedalaman yang sedikit lebar dengan luas kolam preformed. Setelah kolam tertanam, isi bagian-bagian kosong dengan pasir dan tanah. Usahakan permukaan kolam sama tingginya dengan luas permukaan tanah sehingga terkesan alami. Setelah kolam terpasang, tinggal diisi air. Supaya tampak lebih indah bisa ditanami dengan tanaman air seperti jenis Nuphar sp, Nymphea sp dan Saggitaria japonica. Untuk menciptakan air dan mencegah kemunculan alga bisa ditambahkan beberapa perangkat penunjang seperti filter, pompa head, skimmer surface dan biotrin.


Bagi Anda yang sibuk, ini merupakan cara mudah membuat kolam ikan hias untuk taman rumah yang bisa dipilih. Tak perlu bersusah payah, Anda sudah memiliki kolam berisi ikan-ikan cantik yang siap memanjakan mata selepas penat bekerja. Selamat mencoba.