Tips Mudah Meningkatkan Kharisma Ikan Arwana Super Red

Begini tips mudah meningkatkan kharisma ikan arwana super red di akuarium Anda, yaitu ukuran akuarium besar, kontrol kualitas air dan tepat dalam pemberian pakan. Dengan memperhatikan tiga poin tersebut, bisa dipastikan ikan klangenan Anda akan tampil prima, sisik-sisik berkilauan, dan tertata rapi pada sekujur tubuhnya.

Walaupun ikan arwana super red Anda masih seukuran 20 cm, tapi kualitasnya sudah mulai tampak. Warna merah yang mencolok pada tutup insang, kepala atas dan beberapa bagian sisik-sisiknya. Bahkan, bisa saja hampir di semua sirip-siripnya. Kuncinya, ada pada pakan dan kualitas airnya.

Tips mudah meningkatkan tampilan ikan arwana super red
Ukuran akuarium besar
Bentuk akuarium yang ideal untuk ikan arwana yaitu persegi panjang. Ukuran lebar akuarium harus melebihi panjang ukuran tubuh ikan. Hal ini dimaksudkan agar ikan leluasa berenang. Air yang dipakai sebaiknya dari air tanah. Jika terpaksa memakai air PAM, hendaknya diendapkan selama sehari semalam terlebih dahulu. Air tidak mengandung senyawa besi yang lebih dari 0,4 ppm.

Tips mudah meningkatkan kharisma ikan arwana super red
Ikan arwana super red tampil prima
Persayaratan kualitas air lainnya harus dipenuhi seperti pH air yang berada di kisaran 6,5-7, kesadahan (dH) air yang berada di angka 3-5. Lengkapi akuarium dengan heater (alat peningkat suhu air) karena ikan arwana butuh suhu air di kisaran 28-290 C. Pemasangan heater bisa saja sampai 1x24 jam penuh dengan lampu akuarium yang cukup supaya suhu air akuarium stabil. Untuk kebutuhan oksigen terlarut, pasang aerator yang dijaga pada kadar 5 ppm. Supaya air tetap jernih, pastikan filter berfungsi dengan baik dan lancar.

Kontrol kualitas air secara rutin
Ikan arwana super red termasuk sensitive terhadap perubahan kualitas air. Perubahan yang terlalu mendadak atau drastis akan berakibat ikan malas berenang, sisik terbuka, kehilangan nafsu makan dan tampak lemah. Kondisi tubuh yang demikian akan membuat ikan mudah terserang penyakit.

Kontrol kualitas air harian yang meliputi suhu, angka pH, kejernihan air akuarium. Seringkali heater mengakibatkan suhu air terlalu tinggi sampai 400 C. Kondisi yang demikian berarti mengharuskan mematikan heater sementara waktu. Sebaliknya, jika suhu air terlalu rendah, berarti perlu dihidupkan kembali heater sampai pada suhu air yang sesuai.

Perubahan pH air akuarium yang terlalu asam atau basa berarti harus sudah saatnya dilakukan penggantian air. Penyebabnya, kotoran ikan dan sisa-sisa pakan yang mengendap. Penggantian air sebagain sebaiknya dilakukan 3-4 hari sekali. Penggantian air harus secara bertahap supaya ikan tidak stress. Sifon kotoran yang mengendap di dasar akuarium. Pengurangan air dibatasi sampai sejajar punggun ikan. Bagian filter harus diperiksa. Lakukan penggantian kapas di bagian filter seminggu sekali. Penggantian air total juga harus dilakukan tiap 2-3 bulan sekali. Saat penggantian total air, seluruh bagian akuarium harus dibersihkan, beri disenfektan, penjemuran di terik matahari. tujuannya, seluruh bagian akuarium terbebas dari kuman-kuman sumber penyakit yang biasanya menempel di dinding akuarium.

Pemberian pakan secara tepat
Beri pakan pada ikan arwana super red tiap 2 kali sehari pada pagi dan sore. Ikan arwana yang masih berukuran di bawah 15 cm diberi pakan anakan kodok, udang, ikan-ikan kecil, ulat hongkong secara bergantian. Contoh dosis pakan setiap kali pemberian; 3 ekor anakan kodok berukuran 3 cm di pagi hari. Sorenya, 5-8 ekor ikan-ikan kecil atau udang atau ulat hongkong.

Untuk ikan arwana yang berukuran lebih dari 15 cm diberi 5-6 ekor anak kodok berukuran 3-5 cm, 10-15 ekor jangkrik. Untuk pemberian pakan ikan dan udang sebanyak 10-15 ekor yang berukuran 7-8 cm. Cara pemberian pakan yaitu dilempar satu persatu hingga seluruh pakan habis. Dengan cara ini air akuarium akan tetap bersih dan sehat.


Tips mudah meningkatkan kharisma ikan arwana super red di atas sudah dipraktekkan olah para hobiis ikan yang sering ikut kontes. Hasilnya bagus dan bisa dirasakan manfaatnya. Tips di atas bisa juga diterapkan untuk ikan-ikan arwana yang pertumbuhannya merana karena salah perawatan dari pemilik sebelumnya atau di penjual ikan.