Bertanam Cabe Rawit Dalam Polibag Di Pekarangan Rumah

Bertanam cabe rawit dalam polibag sangat pas bagi kita yang memiliki lahan pekarangan terbatas. Yang perlu diketahui bagi kita yaitu teknis menanamnya dengan benar supaya tumbuh subur dan berbuah lebat. Sebelumnya, cabe disemai sampai berdaun 4-5. Selanjutnya tinggal ditanam ke polibag berukuran 40 cm x 60 cm dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang dan sekam padi. Taruh di tempat yang banyak terkena sinar matahari, terutama dari pagi hingga siang hari. Pemeliharaan selama 2-3 bulan sudah bermunculan buah-buah cabe rawit.
Bertanam Cabe Rawit Dalam Polibag Di Pekarangan Rumah
Semai cabe rawit siap pindah
Cabe rawit bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias sekaligus dipanen buahnya sebagai bahan masakan. Kehadirannya dalam masakan malah wajib, sama dengan bawang merah dan bawang putih. Oleh karena itu, menanam cabe rawit di pekarangan rumah sangat sianjurkan oleh siapa saja karena bisa menghemat biaya memasak. Perawatan dan pemeliharaannya juga cukup mudah. Asalkan selalu memperhatikan kesuburan media tanam dan kebutuhan sinar matahari.
Bertanam Cabe Rawit Dalam Polibag Di Pekarangan Rumah
Tanam ke dalam polibag
Pemupakan yang tepat akan membuat bertanam cabe rawit dala polibag menghasilkan buah-buah yang prima. Di dalam campuran media tanam tanah, pupuk kandang dan sekam yang memakai perbandingan 2:1:1 hanya menyediakan unsur hara pada saat bibit cabe masih kecil. Untuk perkembangan selanjutnya, tentu dibutuhkan nutrisi hara yang cukup.

Beri pupuk campuran ZA, urea, SP-36 dan KCL atau lebih praktisnya pakai pupuk NPK tablet berukuran 3 g/tablet sebanyak 2 butir untuk tiap polibag. Tambahkan juga larutan KNO3 sebanyak 2 gram/liter air dengan dosis 250 cc pada tiap polibag setiap hari sejak 20 hari setelah tanam di polibag. Untuk pupuk organik cair bisa ditambahkan setiap 2 minggu sekali.


Sebenarnya tak hanya bertanam cabe rawit dalam polibag yang bisa kita lakukan. Jenis tanaman sayuran lainnya seperti tomat, terung, kol bunga dan jenis-jenis selada bisa juga ditanam dalam polibag di pekarangan rumah kita. Selain menambah keasrian halaman pekarangan juga bisa sebagai bahan masakan untuk keluarga. Bila dalam jumlah banyak bisa juga dijual atau diberikan ke tetangga sehingga jalinan silaturahmi dengan tetangga sekitar semakin erat.