Tips Pemberian Pakan Mati Pada Ikan Hias Arwana

Lazimnya ikan hias arwana diberi pakan hidup seperti kodok, ikan-ikan kecil, kelabang dll. Namun, sebenarnya tak mutlak harus pakan hidup yang diberikan, pakan mati pun sebenarnya bisa diberikan. Berikut ini tips pemberian pakan mati pada ikan hias arwana yang bisa dipraktekkan oleh hobiis.
Tips Pemberian Pakan Mati Pada Ikan Hias Arwana
Udang beku, pakan untuk ikan arwana
Ikan arwana yang terbiasa makan berupa pakan hidup bisa diubah dengan pakan mati. Caranya, puasakan ikan selama beberapa hari. Biarkan ikan arwana kelaparan, setelah itu baru diberi pakan mati seperti udang beku. Pada saat ia kelaparan, ikan akan mencoba menu baru ini. Pembiasaan ini butuh beberapa waktu hingga ia merasa bisa menyantapnya layaknya pakan hidup.

Eksperimen ini juga menciptakan ide bahwa bisa saja pakan yang diberikan ke ikan arwana berupa pellet. Tentunya, pellet tersebut harus memiliki rasa dan bau yang sama dengan pakan mati. Bila pakan pellet bisa berhasil diterapkan, hobiis dan peternak bisa meramu kandungan nutrisi pellet sehingga bisa mengatur tumbuh kembangnya dan kecerahan warnanya seperti yang bisa diterapkan pada ikan-ikan koi.


Pemberian pakan mati pada ikan hias arwana akan memberikan keuntungan yaitu lebih menghemat biaya pakan, praktis dan gampang diperoleh. Jenis pakan mati yang bisa dibuat seperti udang beku, ikan beku bisa disimpan dalam lemari pendingin dalam jangka waktu yang cukup lama. Sedangkan pakan hidup nantinya hanya dipakai sebagai selingan saja. Bukan menu utama.

 BELI