Budidaya Lada Perdu Pemupukan Tepat Hasil Panen Maksi

Seorang pekebun bisa memanen lada basah sebanyak 12 kg/minggu dari 350 tanaman lada perdu yang dipeliharanya. Ia mengolah sendiri lada basah tersebut menjadi lada putih hingga diperoleh 4-5 kg. Setiap kg lada putih dihargai Rp 160.000 yang berarti setiap minggunya bisa meraup pundi-pundi Rupiah sebanyak Rp 800.000/minggu. Kesuksesannya dalam budidayya lada perdu telah menghantarkan kemakmuran bagi keluarganya.
Budidaya Lada Perdu Pemupukan Tepat Hasil Panen Maksi
Lada perdu
Tanaman lada peru termasuk mudah dirawat, asalkan pemupukan rutin dengan dosis tepat. Dua minggu sebelum penanaman, tiap lubang tanam diberi pupuk kandang sebanyak 3-5 kg dan kapur pertanian sebanyak 0,5 kg. Tiga bulan kemudian, baru diberi pupuk Urea, TSP dan KCl dengan perbandingan 1:2:1. Dosis pemberian 50 gram/tanaman.

Setelah tanaman berumur 1 tahun, pemupukan dilakukan 2 kali setahun yaitu pada awal dan akhir musim penghujan. Dosisnya 100 gram/tanaman/aplikasi. Pada umur 2-3 tahun, dosis pupuk menjadi 200 gram/tanaman/aplikasi. Umur tanaman yang lebih dari 3 tahun diberi pupuk sebanyak 400 gram/tanaman/aplikasi. Pupuk kandang ditambahkan setiap 2 tahun pada awal musim kemarau sebanyak 5 kg/tanaman. Jangan lupa pemberian pupuk mikro sebanyak 2 gram/liter air setiap 4 bulan setelah tanaman lada perdu masuk umur produksi.

Untuk mencegah dari serangan nematode, semprot nematisida pada saat awal penanaman. untuk mencegah penyakit busuk pangkal batang Phytopthora sp, oleskan fungisida pada batang saat awal dan pertengahan musim penghujan. Untuk mencegah serangan hama penggerek polong, lakukan penyemprotan insektisida rutin tiap sebulan sekali. Pencegahan dari serangan hama dan penyakit sangat penting dalam budidaya lada perdu karena bisa memusnahkan semua tanaman bisa sekali terserang penyakit.

Pada saat tahun pertama, lada perdu mulai belajar berbunga. Sebaiknya bunga ini dipangkas terlebih dahulu supaya tanaman kokoh terlebih dahulu. Barulah tahun berikutnya, bunga yang muncul siap dibuahkan. Setiap polong atau bulir yang buahnya telah merah harus segera dipanen supaya tanaman terus-menerus mengeluarkan bunga.


Bulir-bulir lada panenan segera dipipil untuk mendapatkan buah-buahnya. Masukkan buah-buah tersebut ke dalam karung dan direndam selama 1 minggu. Setelah itu tinggal dikupas kulitnya, lalu dijemur sampai kering dan menjadi lada siap pakai. Teknis dalam budidaya lada perdu termasuk mudah dan cocok juga sebagai tanaman pekarangan rumah. Manfaatnya pun ganda, diambil ladanya untuk bahan masakan dan sebagai tanaman hias.