Buah Segar Favorit Kala Bulan Ramadhan Tiba

Di bulan Ramadhan, buah segar favorit berikut ini selalu ada di mana-mana. Timun sari, blewah, kolang kaling dan siwalan. Buah-buah tersebut tak hanya terparkir di lapak-lapak pinggir jalan, tapi juga sampai ke pusat swalayan atau bahkan sampai ke pelosok-pelosok kampung. Semua buah tersebut sangat terasa segar, dingin, enteng di perut, manis saat disantap untuk berbuka puasa. Apalagi ditambah sirup dan serutan es.
Buah Segar Favorit Kala Bulan Ramadhan Tiba
Kolang kaling, sebagai campuran aneka kolak dan minuman segar
Buah segar tersebut juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh karena bisa mencegah panas dalam, kulit kering dan bibir pecah-pecah. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineralnya cukup tinggi. Berikut ini uraian lengkapnya:

Mentimun suri
Mentimun suri memiliki nama latin Cucumis sativus. Masih berkerabat dengan mentimun krai. Bentuknya seperti mentimun biasa, tapi berukuran besar. Memiliki aroma harum, berdaging empuk, kulit berwarna putih kekuningan, kuning emas sampai oranye. Untuk mentimun suri hijau bergaris putih-putih disebut blengko.

Cara mengolah mentimun suri yaitu denga mengerok atau mengiris daging buahnya. Kerokan daging buah atau irisan kotak-kotak daging buah selanjutnya dicampur dengan sirup atau air gula. Lebih nikmat lagi ditambah dengan serutan es. Buah segar favorit bulan Ramadhan ini tak tahan disimpan di dalam lemari es. Ia hanya bertahan 5-7 hari saja. Harganya relatif murah sehingga terjangkau oleh kalangan masyarakat luas.

Blewah
Biasa juga disebut semangka belanda. Bentuknya bulat lonjong berlekuk-lekuk, kulit sangat tipis dan memiliki banyak biji. Saat masih muda, kulit berwarna kehijauan dan menguning saat tua. Blewah biasanya diolah menjadi es campur bersama dengan buah-buah lainnya seperti nanas, atau nangka. Daging buahnya diserut atau dikerok. Blewah bisa juga dibuat jus. Daging buah yang sudah dipotong-potong diblender sehingga hancur. Selanjutnya tinggal ditambah sirup, air soda, soft drink atau rum.

Kolang kaling
Kolang-kaling berasal dari biji pohon aren (Arenga saccharifera). Buah aren yang belum terlalu tua direbus sampai terlihat gosong, selanjutnya kulit dikupas dan diambil daging bijinya yang berwarna putih transparan. Kolang kaling biasanya dijadikan camilan manisan, es campur dan kolak. Minuman wedang ronde juga terdapat campuran kolang kaling. Sekarang tersedia kolang kaling kalengan yang sudah diekspor ke berbagai negara.


Siwalan
Siwalan memiliki nama latin Borassus flabellifer. Buah segar favorit bulan Ramadhan ini berwana biru kehitaman. Daging buah bertekstur lembut dan manis. Rasanya manis segar.  Buah siwalan yang berwarna putih agak bening itu bisa disantap langsung. Bisa juga daging buah diiris-iris tipis dan dicampur dengan sirup atau pemanis lainnya serta diberi serutan es. Buah siwalan berkhasiat untuk kesuburan, mencegah panas dalam, bersifat anti racun.