Cara Lebatkan Bunga Tanaman Hias Adenium

Pemangkasan adalah salah satu  perlakuan cara lebatkan bunga tanaman hias adenium disamping  penerapan pupuk cair yang langsung diteteskan ke media tanam. Bisa juga diganti dengan pemberian pupuk NPK tiap bulan sekali atau tiga minggu sekali. Dari pemangkasan akan muncul 2 tunas baru yang masing-masing akan memunculkan banyak kuntum bunga akibat pemberian pupuk yang tepat. Adenium pun tampak semarak dipenuhi kemunculan bunga pada tiap ujung tunas. Mudah bukan?
Cara Lebatkan Bunga Tanaman Hias Adenium
Tajuk rapi, bunga lebat berkat pemangkasan dan pemupukan yang tepat
Setelah pemangkasan, tunas baru akan terbentuk 2-3 minggu kemudian. Dari tunas-tunas ini, 4-5 minggu kemudian, akan muncul bakal bunga dan mekar dalam waktu 2-3 hari. Baik cabang maupun ranting bisa menghasilkan bunga. Yang jelas, pemangkasan akan membuat tajuk jadi lebat sehingga tampak lebih indah dan akan sering berbunga. Teknik ini biasanya dilakukan oleh nursseri-nurseri 6-8 minggu sebelum ajang kontes atau pameran berlangsung.

Tetap kontrol kesehatan tanaman juga cara lebatkan bunga tanaman hias adenium. Hal ini karena tanaman sehat pasti menghasilkan tunas-tunas baru dalam jumlah banyak. Tanaman yang sedang terkena penyakit atau pertumbuhan terhambat dipastikan tak akan bisa memunculkan tunas-tunas. Untuk memperoleh tanaman sehat, lakukan pemupukan 1-2 bulan sebelum dilakukan pemangkasan. Hal ini dilakukan supaya tanaman adenium memiliki energi yang cukup untuk menumbuhkan tunas.

Tiap varietas adenium memiliki karakteristik tersendiri yang waktu berbunganya juga berbeda-beda. Hal ini yang membuat waktu pemangkasan juga berbeda-beda. Misalnya saja, varietas chiang mai cukup tiap 6 minggu dipangkas untuk berbunga, varietas crimpson star cukup 7-8 minggu.

Teknik pemangkasan. Pastikan tanaman dalam keadaan sehat, tampak segar dan memiliki percabangan yang baik. Siapkan pisau steril dengan cara diseka alkohol atau dibakar. Lakukan pemangkasan sekitar 5 cm dari pangkal cabang. Bila ingin diokulasi dengan varietas lain, lakukan saat itu juga supaya ujungnya tidak bususk dan kering. Olesi luka bekas pangkasan dengan fungsida. Taruh tanaman di tempat yang teduh selama 1 minggu. Tunggu sampai ujung bekas pangkasan mengering, barulah tanaman diletakkan di luar.

Untuk penyiraman bergantung pada porositas media. Untuk media campuran pasir, pupuk kandang atau kompos dan sekam dengan perbandingan 2:1:1, penyiraman bisa dilakukan tiap hari. Bila media kurang begitu porous seperti tanah, kompos dan sabut kelapa, penyiraman dilakukan tiap 3 hari sekali.

Bagian penting lainnya dari cara lebatkan bunga tanaman hias adenium yaitu pemupukan. Berikan pupuk secukupnya pada adenium-adenium kesayangan Anda. Bisa dipakai pupuk cair yang diteteskan langsung ke media. Cara pemupukan lainnya pakai NPK tiap 3 minggu atau satu bulan sekali. Pemangkasan tepat dan pemupukan tepat akan memunculkan tunas minimal 2 buah.

Dengan perlakuan lengkap seperti di atas, adenium bisa berbunga terus-menerus selama 1-2 bulan. Yang terpenting jangan terlalu sering dilakukan pemangkasan karena bisa berakibat pada tajuk tanaman yang semakin melebar.