Cara Membuat VCO Dengan VCO Pancingan

Berikut ini cara membuat VCO dengan VCO pancingan. Mula-mula santan kelapa disiapkan, selanjutnya dituangkan VCO pancingan dan diaduk-aduk sampai merata. Biarkan selama 8 jam atau lebih. VCO inilah yang nantinya akan memancing VCO dari dalam santan kelapa ini. Sangat sederhana dan lebih cepat bila dibandingkan dengan cara lainnya. Dari 10 butir kelapa tua bisa dihasilkan VCO sebanyak 1 liter.
Cara Membuat VCO Dengan VCO Pancingan
VCO si minyak perawan
Metode menghasilkan VCO yang sudah dikenal oleh masyarakat luas ada 2, yaitu cara pemanasan dan cara peragian. Sayangnya, cara pemanasan bisa menimbulkan bau tengik. Sedangkan cara peragian membutuhkan asupan bakteri yang sampai saat ini masih sulit diperoleh. Cara dengan pancingan merupakan cara alternatif yang brilian karena untuk mengatasi kelemahan kedua cara sebelumnya. Dengan VCO pancingan, minyak yang dihasilkan tidak berbau tengik dan metodenya sederhana.

Cara membuat VCO dengan VCO pancingan
Buat santan kental dari kelapa tua sebanyak 10 butir. Diamkan santan kental selama 15-30 menit. Nantinya akan terbentuk 2 lapisan yaitu lapisan atas berupa kanil sebanyak 3-4 liter, dan lapisan bawahnya berupa air sebanyak 2-3 liter air. Buang lapisan bawah yang berupa air dengan cara membuka keran wadah. Sekarang, yang tersisa hanya kanilnya. Kanil merupakan emulsi yang tersusun atas air, protein dan minyak. Selanjutnya, masukkan VCO pancingan sebanyak 1 liter ke dalam kanil, lalu diaduk sampai tercampur merata. Lama pengadukan bisa sampai 5-15 menit. Diamkan campuran tersebut selama 8-10 jam. Selama pendiaman ini akan terjadi proses ikatan antara VCO dengan calon minyak di dalam kanil sehingga terlepas dari protein dan air di sekelilingnya.

Campuran ini akan terbentuk 3 lapisa, yaitu lapisan teratas berupa minyak, lapisan bawahnya berupa blondo dan yan terbawah berupa air. Untuk mendapatkan minyaknya, alirkan melalui selang yang ditampung pada suatu wadah. Biasanya akan diperoleh 2 liter minyak yang terdiri dari 1 liter minyak pancingan dan 1 liter minyak yang terpancing. Minyak hasil pancingan ini berbau khas kelapa sehingga perlu dijernihkan dengan proses penyaringan.

Proses penjernihan menggunakan galon yang bagian bawahnya telah terbuka. Balikkan mulut galon seperti yang biasa kita lakukan ke dalam dispenser. Beri zeolit ukuran 14-20 mesh yang telah diaktivasi atau dipanaskan pada suhu 120 derajat Celcius selama 2 jam. Zeolit ditaruh ke dalam galon dengan ketebalan lapisan 1/4 tinggi galon. Selanjutnya, tuangkan VCO yang akan disaring. Setelah melewati zeolit, minyak yang tampak keruh itu akan jernih.

Bagian dari hasil cara membuat VCO dengan VCO Pancingan yang belum diolah lebih lanjut yaitu blondo. Untuk lapisan blondo sebenarnya masih mengandung minyak. Untuk mengeluarkannya dilakukan pemanasan. Blondo diaduk-aduk di atas penggorengan, air akan menguap, karbon akan tetap di penggorengan (berwarna hitam), dan minyak juga tetap di penggorengan. Minyak ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain seperti bahan dasar pembuatan sabun, minyak rambut dan kosmetik.