Peluang Usaha Jasa Pembuatan dan Perawatan Taman

Prospek peluang usaha jasa pembuatan dan perawatan taman semakin cerah di masa mendatang. Hal ini seiring dengan arti pentingnya estetika lingkungan dan kebutuhan ruang hidup yang sehat di masyarakat. Tak hanya perumahan, kawasan perkantoran yang membutuhkan taman, tempat tinggal di pemukiman padat pun butuh taman walau hanya tersedia sejengkal lahan. Namun, prospek cerah yang bisa digaet untuk saat ini masih dari para pengembang perumahan dan perkantoran. Keduanya selalu membutuhkan jasa pembuatan dan perawatan taman untuk mempercantik arsitektur bangunan yang mereka buat.
Peluang Usaha Jasa Pembuatan dan Perawatan Taman
Taman rumah, fee desainnya saja 7% dari total dana yang dibutuhkan

Ide biasanya berasal dari konsumen itu sendiri. Desainer taman hanya membantu menuangkan dan membantu mewujudkan ide-ide dari konsumennya. Kemampuan berkomunikasi secara interpersonal ini pada konsumen yang harus dimiliki oleh pemilik usaha jasa pembuatan dan perawatan taman. Tarif jasa tergantung dari luas dan jenis-jenis tanaman yang dipakai sebagai ornamennya.

Peluang usaha jasa pembuatan dan perawatan taman berpotensi meraup laba besar. Pemilik jasa mematok pembayaran uang muka sebesar 20% dari total harga keseluruhan. Pelunasan setelah proyek selesai digarap. Pemiliki jasa juga memberikan garansi tanaman dan perawatan selama 3 bulan. Bila selama jangka waktu garansi itu ada tanaman yang mati, harus diganti. Demikian pula perawatan tanaman seperti pemupukan, pemangkasan dan ornamen-ornamen yang rusak atau berubah bentuk.

Bila konsumen menginginkan desain tamannya saja, hal itu bisa saja dipenuhi. Tarif desain taman sebesar 7% dari total dana yang dibutuhkan untuk pembuatan taman perumahan. Untuk taman kawasan, tarif yang dikenakan sebesar 4-7% saja. Tarif untuk taman kawasan lebih murah karena areal yang digarap relatif luas sampai berhektar-hektar. Ornamen yang dibutuhkan juga tak begitu banyak, dominan rerumputan. Untuk taman perumahan, dibutuhkan tanaman ekslusif yang harganya mahal.

Setiap ada order datang dari konsumen, perlu dilakukan survei di lapangan. Survei ini untuk mengambil data-data luas taman, benda-benda yang dipertahankan dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Dari data-data inilah yang nantinya sebagai dasar pembuatan rancang desain taman sesuai ide-ide konsumen itu sendiri. Dari survey ini saja, peluang usaha jasa pembuatan dan perawatan taman sudah bisa menuai untung dari pembuatan pradesain taman.

Hasil pradesain yang sudah jadi ditunjukkan ke konsumen, disertai estimasi dana dan lama waktu pengerjaan proyek. Jika konsumen setuju dengan pradesain tersebut, tinggal dilakukan pelaksanaan. Jika ternyata tak ada kesepakatan di antara kedua belah pihak, konsumen yang mengundang wajib membayar ganti rugi biaya survey.

Order untuk taman kawasan biasanya menggunakan sistem kontrak. Sistem pembayaran per areal. Uang muka sebesar 20 persen dari harga total. Sisanya baru dibayarkan setelah pembuatan taman selesai. Besarnya pelunasan hanya 75% terlebih dahulu. Sisanya yang 5% dilunasi setelah garansi dan perawatan taman berakhir.

Tak hanya order yang berasal dari taman kawasan dan taman perumahan saja, instansi pemerintah juga membutuhkan jasa ahli taman untuk pembuatan dan perawatan taman perkotaan. Order biasanya datang dari Dinas Pertamanan setempat. Ini adalah peluang usaha jasa pembuatan dan perawatan taman yang bisa bernilai sampai ratusan juta Rupiah. Perlu sering-sering menanyakan tender dan ikut serta dalam pelelangan proyek.