Peluang Usaha Ternak Tiktok, Pemanenan dan Pemasarannya

Tujuan usaha ternak tiktok sebagai itik pedaging yang berarti hasil utamanya bagian daging seperti karkas. Pemanenan dilakukan pada saat umur 2 bulan karena dagingnya masih lunak dan kelezatannya sedang di puncak. Umur panen lebih dari 2 bulan, daging semakin mengeras dan berkurang kegurihannya. Sebelum dipersiapkan sebagai itik pedaging yang siap dijadikan bahan pangan berprotein tinggi, perlu ada beberapa perlakuan yang harus diperhatikan oleh peternak. Terutama sifat perilaku alaminya yang suka bergerombol. Perlu diingat juga, bila itik pedaging itu dihargai berdasarkan bobot kilogram itik, buka dihargai per ekor.
Peluang Usaha Ternak Tiktok, Pemanenan dan Pemasarannya
Gulai tiktok yang lezat
Tiktok memiliki tenaga yang kuat dan berperilaku suka bergerombol (flocking instink). Untuk memudahkan penangkapannya, giring tiktok ke satu tempat. Setelah terkumpul, tangkap satu per satu. Sebelum masuk ke traiket khusus, tiktok ditimbang untuk diketahui bobotnya. Penimbangan ini penting diketahui karena itik pedaging ini dijual kiloan.

Sebelum tiktok masuk ke rumah pemotongan hewan, perlu dipuasakan terlebih dahulu selama 10 jam. Hal ini dilakukan supaya saluran pencernaan kosong sehingga tak mencemari karkas saat pemotongan. Namun, pemberian air minum tetap dilakukan dalam jumlah secukupnya supaya proses metabolisme tubuh tetap terjaga.

Untuk pemasaran tiktok bisa dijual dalam keadaan hidup atau sudah dipotong. Pelaku usaha ternak tiktok bisa menjualnya secara individual di pasar atau secara borongan ke pengepul. Rumah makan, restoran-restoran membutuhkan daging tiktok untuk dimasak sebagai menu andalan mereka seperti tiktok goreng, tiktok panggang, sate, bakmi dan sup tiktok. Memasak daging tiktok ada cara dan resepnya tersendiri sehingga rasanya khas, enak dan lezat.

Produk sampingan selain dagingnya, yaitu bulu itik dan kotoran itik. Bulu tiktok bisa dimanfaatkan sebagai pengisi kasur, bantal, jaket dan sleeping bag. Untuk kotorannya bisa dipakai sebagai pupuk kandang yang bagus untuk tanaman dan menyuburkan air kolam.


Usaha ternak tiktok berprospek besar ke depannya dan akan terus berkembang. Peternak tinggal memanaj budidayanya, jumlah produksi dan pemasarannya supaya finansial usaha tetap berputar dan selalu memperoleh keuntungan yang maksimal.