Peluang Usaha Ternak Tiktok Pemeliharaan Awal 21 Hari

Dalam menjalankan usaha ternak tiktok, ada dua tahap pemeliharaan, yaitu tahap pemeliharaan awal 21 hari (masa starter) dan pemeliharaan tiktok di atas usia 21 hari. Pada tahap awal pemeliharaan kepadatan tiktok dalam kandang bisa tinggi, setiap 1 meter persegi bisa dihuni 60 ekor tiktok kecil. Usia tiktok kecil ini sangat rentan terserang penyakit sehingga perlu penanganan intensif.
Peluang Usaha Ternak Tiktok Pemeliharaan Awal 21 Hari
Tiktok kecil
Supaya tubuh tiktok kecil tetap terjaga kesehatannya, kandang dilengkapi dengan lampu penghangat. Untuk tiap populasi 100 ekor, gunakan lampu DOP 60 watt, untuk populasi 50 ekor gunakan lampu DOP 40 watt. Lampu penghangat ini harus dibiarkan tetap menyala 24 jam penuh selama 1 minggu. Setelah itu, barulah lampu penghangat hanya dinyalakan pada waktu malam hari. Terkecuali kondisi siang hari yang hujan atau mendung, maka lampu perlu dinyalakan supaya suhu kandang hangat.

Lakukan manajemen pencahayaan yang baik dalam usaha ternak tiktok karena pencahayaan berpengaruh pada perilaku tiktok yang aktif dan sehat. Bila pencahayaan kurang atau terlalu berlebihan bisa mengakibatkan tiktok berkumpul pada salah satu tempat saja. Sebenarnya, ini sifat alami yang terjadi pada tiktok kecil. Namun, perilaku ini bisa dirubah dengan mengatur pencahayaan di dalam kandang.

Cara lain untuk mengurangi sifat alami tiktok kecil yang bergerombol di satu tempat yaitu menghilangkan bagian sudut-sudut kandang dengan menambahkan sekat yang melingkar ke sekeliling kandang. Ketinggian sekat sekitar 30-50 cm supaya tiktok tak meloncat. Luas lingkaran yang diterapkan disesuaikan dengan populasi tiktok dan semakin dilebarkan setiap minggunya sesuai dengan tumbuh kembang tiktok supaya tiktok bisa bergerak dengan leluasa.

Wadah pakan tiktok kecil berupa nampan ceper yang mirip piring berbahan plastik. Wadah pakan berbahan kayu atau bambu bisa juga dipakai. Untuk tempat minum menggunakan botol minum ayam broiler. Gantung botol ini setinggi leher tiktok supaya itik tidak masuk ke wadah yang bisa berakibat bulu-bulunya basah dan pada akhirnya bisa menyebabkan kematian.


Tahap pemeliharaan kedua dalam usaha ternak tiktok penanganannya relatif mudah. Setelah tiktok berumur 21 hari, sekat dibuang karena tiktok sudah cukup kuat. Lampu penghangat juga sudah tidak dipakai. Wadah pakan diperbesar supaya bisa menampung pakan lebih banyak. Jumlah wadah pakan dan air minum disesuaikan dengan tumbuh kembang tiktok dan jumlahnya. Untuk tiap 100 ekor setidaknya dibutuhkan 2 wadah pakan dan minum. Peletakkan wadah pakan dan minum harus terpisah agak jauh supaya tiktok berebut pakan dan minum dalam satu wadah atau satu tempat saja.

 BELI