5 Jenis Bunga Merah Putih Semarakkan HUT RI

Sebentar lagi HUT RI akan tiba. Setiap daerah akan dipercantik oleh aneka hiasan. Mulai dari bendera, panji-panji aneka warna, hiasan dari kertas, plastik, lampu dll. Tak ketinggalan dengan aneka jenis bunga siap menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia. Tentu saja tema yang diambil cocoknya bernuansa merah putih. Nah, jenis-jenis apa sajakah bunga merah putih yang cocok untuk meramaikan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Berikut ulasannya.
5 Jenis Bunga Merah Putih Semarakkan HUT RI
Bunga Anthurium putih
Anggrek
Bunga anggrek memiliki bentuk dan warna yang indah. Bunga muncul dari ketiak daunnya. Tiap tangkai bisa terdapat sekitar 5-30 kuntum. Bunga yang sudah mekar bisa bertahan cukup lama. Warna merah biasanya ada pada anggrek varietas hibrida. Misalnya saja, Dendrobium "Bangsaen Beauty", Arachnis "Red Ribbon-Red Lips" dan Arachnis "Red Ribbon-Yellow Lips". Bunga anggrek yang berwarna putih, misalnya, anggrek bulan, anggrek larat Dendrobium "Lim Chong Mi" yang berwarna putih dengan sedikit kuning di bagian dalam. Bunga anggrek ini biasanya dipakai sebagai karangan bunga, buket dan penyemarak ruangan.

Anyelir
Bunga anyelir Dianthus caryophyllus biasanya dipakai sebagai penghias kendaraan pawai, hiasan vas dan rangkaian bunga tangan. Bunga anyelir yang berwarna merah biasanya dari varietas hibrida, misalnya saja; "Monte Lisa", "Indios", "Tornado". Bunga yang spray atau bunga kecil-kecil dalam satu tangkai terdapat 4-7 kuntum, antara lain; "Barbara", "Elsy" dan "Scarlette". Anyelir berwarna putih, antara lain; varietas hibrida "Citara", "White Candy" dan "White sun" yang semuanya berbunga tunggal. Untuk yang spray dari varietas "White Princessa".

Anthurium
Bentuknya unik dan khas, terutama pada bagian seludangnya yang tampak mengkilap seperti lilin, sedangkan bunganya mencuat seperti ekor. Bunga anthurium biasanya dipakai sebagai rangkaian bunga atau diletakkan ke dalam jambangan. Bunga anthurium yang berwarna merah putih biasanya berasal dari varietas hibrida. Bunga yang berwarna putih, misalnya saja; varietas hibrida "Cuba" yang memiliki seludang putih sedikit tercemar merah kehijauan dengan tongkol bunga putih kehijauan, lainnya varietas "Jose", "Bettine", "Suprisse" dan "Mauna Kea". Bunga anthurium yang berbunga merah, antara lain; varietas "Avonette" yang berseludang merah dengan tongkol bunga putih kekuningan atau hijau kekuningan "Scarlette", "Nette", "Obake", "Tropical", "Inca", "Flamingo", "Inggrid", "Flarange", "Atlantis" dan "Flared". Bunga anthurium berwarna merah putih yang semarakkan HUT RI akan memberikan kesan unik dan langka.

Aster
Bunga aster biasanya dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. Bunga-bunga ini akan ditempel pada kendaraan-kendaraan hias atau ke dalam vas. Dalam satu rumpun tanaman aster, daun dan bunga akan tampak seimbang. Warna bunganya kebanyakan putih dengan ukuran yang kecil-kecil. Varietas hibrida aster, antara lain; "Monte Cassino" yang berwarna putih dengan warna kuning di bagian tengah. Varietas "Matsumo White" yang berwarna putih dengan kuning di tengah. Varietas "Hino Mai" yang berwarna merah dengan bagian tengah kuning.

Dahlia
Bunga dahlia memiliki banyak ragam bentuk, warna dan ukuran. Bunga berupa sekumpulan helaian mahkota yang berbentuk bulat telur, elips dengan daun mahkota mengeriting, melengkung ke luar atau ke dalam. Bunga dahlia biasanya dipakai sebagai rangkaian karangan bunga. Bunga yang berwarna merah atau putih biasanya dari varietas hibrida. Misalanya saja, Dahlia variabilis varietas "Red Pygmy", "Garden Wonder" dan "Nescio". Bunga yang berwarna putih contohnya varietas "My Love".

Itulah 5 jenis bunga merah putih yang siap semarakkan HUT RI pada tiap tahunnya. Momen berharga tiap tahun ini akan selalu diramaikan oleh kehadiran bunga dari jenis-jenis tersebut. Di pasaran, kelima jenis bunga tersebut sangat mudah diperoleh.