Atasi Penyakit Gurame Dengan Herbal

Cacahan batang dan daun kamboja bisa atasi penyakit gurame yang terserang cendawan Saprolegnia. Getah yang keluar dari tanaman bernama latin Plumeria acuminata ini akan menggempur cendawan parasit yang mengakibatkan sisik rontok, kulit bengkak dan berselaput putih. Pemberiannya dilakukan rutin tiap pagi. Seminggu setelah rutin diberikan, pada tubuh gurame akan mulai tampak tanda-tanda kesembuhan dan nafsu makan ikan mulai kembali normal. Itulah salah satu obat herbal untuk atasi penyakit gurame. Masih banyak jenis-jenis herbal yang bisa dipakai untuk mengobati gurame yang terserang penyakit.
Atasi Penyakit Gurame Dengan Herbal
Daun ubi jalar, sebagai obat antistress benih-benih gurame
Tanaman randa nunut (Drymaria cordata) juga bisa dipakai untuk mengobati cendawan parasit. Caranya, ambil 5-10 lembar daun untuk 30 liter air. Remas-remas daun randa nunut sampai lumat hingga mudah diperas. Angkat ampasnya, masukkan gurame sakit ke dalam larutan herbal ini selama 60 menit. Selama ikan sakit diberi perlakuan ini, karantina ikan di kolam terpisah supaya tak menulari ikan-ikan lainnya yang masih sehat.

Mengkudu (Morinda citrifolia) juga bisa atasi penyakit gurame yang disebabkan oleh virus. Berikan buah dan daunnya secara rutin pada ikan-ikan gurame. Khasiat buah dan daunnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh ikan. Sebenarnya tak hanya gurame yang suka menyantap buah dan daunnya, jenis-jenis ikan lainnya seperti nila, tawes, bawal juga menyukainya. Untuk ikan-ikan ukuran 10 cm dan tampak mulai terkena serangan herpes bisa diantisipasi dengan daun mengkudu. Caranya, ambil 10 lembar daun, remas-remas di dalam wadah berisi air sebanyak 5 liter air selama 60 menit. Karantina ikan sakit di kolam terpisah supaya tak menular ke ikan-ikan lainnya yang masih sehat.

Herba ubi jalar, pepaya dan bandotan berkhasiat sebagai antistress untuk benih-benih ikan saat pemanenan dan pengiriman. Remasan daun-daun herba tersebut akan menenangkan benih-benih ikan di wadah. Remasan daun-daun herba yang sudah disaring dan dilarutkan ke dalam kantong berisi benih-benih juga akan menenangkan benih-benih selama pengangkutan. Khasiat seperti ini juga berlaku untuk daun pepaya yang diremas-remas.

Kemampuan herba atasi penyakit gurame memang tak sehebat dengan obat-obatan kimia. Oleh karena itu, lakukan pemberian rutin sebagai pakan camilan. Kehadiran penyakit disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun dan kualitas air yang buruk. Faktor cuaca ekstrim juga menyebabkan kemunculan penyakit. Bagi peternak ikan, lebih baik mencegah daripada mengobati karena bila sudah terlanjur ikan-ikan sakit, pemulihannya lebih sulit dan menghabiskan banyak biaya dan juga kerugian finansial.