Mengenal Kucing-kucing Eksotis di Dunia dan Organisasinya

Terdapat sekitar 100 jenis-jenis kucing yang tersebar di seluruh dunia. Tiap-tiap jenis memiliki keindahan dan keunikan penampilan yang khas. Mulai dari warna, ukuran rambut, dan bentuk badan menjadi daya tarik yang utama. Beberapa jenis kucing ini digemari oleh banyak masyarakat di dunia dan memiliki predikat eksotis. Mari kita mengenal kucing-kucing eksotis di dunia.

Sampai saat ini, belum ada konsensus yang nyata dalam hal penggolongan kucing secara universal. Hal ini tampak adanya perbedaan yang dianut oleh penggemar kucing kubu Amerika Serikat dan kubu Inggris. Dari kubu Inggris, penggolongan kucing mendasarkan pada silsilah keturunan kucing yang menitikberatkan pada faktor warna dan ukuran panjang bulunya. Sedangkan kubu Amerika, penggolongannya hanya berdasarkan faktor silsilah keturunannya saja.
Mengenal Kucing-kucing Eksotis di Dunia dan Organisasinya
Kucing persia yang sudah mendunia
Di dalam kubu Inggris, bisa dikenal pembagian longhair, shorthair, siamase dan foreign shorthair. Tiap-tiap golongan dibagi lagi atas jenis aslinya. Misalnya, kucing persia putih terbagi atas varietas white longhair dan white shorthair. Kucing yang penampilannya gemuk dan pendek digolongkan sebagai tipe british, bentuk lainnya digolongkan ke dalam foreign dan exotic. Hal ini berlawanan dengan penggolongan kucing yang dianur, bisa saja balnase, birman,n himalaya, maine coon dan turkish masih tetap digolongan dari keturunan kucing persia tanpa membedakan panjang bulunya.

Walaupun mengenal kucing-kucing eksotis di dunia masih banyak ditemui perbedaan, toh tiap-tiap negara memiliki organisasi khusus kucing. Misalnya saja di Inggris ada GCCF (The Governing Council of The Cat Fancy), di Amerika Serikat ada 9 organisasi ditambah 1 organisasi pelindung CFA (Cat Fanciers Assosiation Organization). Organissasi-organisasi inilah yang mengatur penggolongan kucing.

Sejak adanya peradaban manusia, kucing sudah dikenal menjadi hewan kesayangan manusia. Identik dengan masa peradaban Mesir kuno. Bahkan, masyarakat Mesir kuno mengkultuskan kucing dalam ejawantah dewa kucing seperti Ubastet, Pasht dan Bubastis. Orang-orang Mesir kuno mempercayai kucing sebagai simbol keberanian dan kepercayaan diri. Kita akan lebih jauh mengenal kucing-kucing eksotis dunia yang anggun, mungil dan unik pada artikel-artikel selanjutnya di blog ini.