Pohon Kurma Sebagai Tanaman Hias Indoor

Jangan dibuang biji kurma sehabis berbuka. Tanam saja biji-biji kurma tersebut dengan media tanah biasa, seminggu kemudian sudah berkecambah. Pindahkan kecambah di polibag atau langsung ke dalam pot. Tanpa banyak perawatan rumit, ia akan menjadi pohon kurma sebagai tanaman hias indoor. Sangat bagus juga diletakkan di taman maupun di teras rumah yang ternaungi. Tanaman asal padang pasir ini memang bandel di segala lingkungan.
Pohon Kurma Sebagai Tanaman Hias Indoor
Palem phoenix sebagai tanaman hias
Pohon kurma atau yang lebih kerennya palem phoenix memang gampang dirawat dan dipelihara. Ia toleran dengan kondisi tanah yang miskin hara atau kekurangan air. Namun, bila ingin membuahkan perlu manipulasi flutuasi suhu yang tinggi antara siang dan malam. Nah, kalau ini memang perlu perawatan dan pemeliharaan yang tepat dan sangat memadai.

Pohon kurma sebagai tanaman hias hendaknya diletakkan di ruang yang cukup luas. Misalnya saja pada jenis Phoenix canariensis yang tajuknya lebar. Jaga juga dari banyak aktifitas orang yang hilir mudik karena pelepah palem dan rosetnya terdapat duri-duri tajam yang bisa melukai orang.

Sebagai tanaman hias indoor atau dalam ruangan, phoenix akan terlihat menarik dalam pot berbagai ukuran. Bisa memakai pot diameter mulai dari 10-50 cm. Media tanam yang dipakai terdiri dari campuran pasir, tanah dan pupuk kandang. Sesekali diberi pupuk lengkap supaya terbentuk warna daun yang menarik. Karena pertumbuhannya termasuk lambat, ia tidak boros zat hara.

Walaupun diletakkan di dalam ruangan, hendaknya ia diberi pencahayaan yang cukup supaya umurnya panjang. Sesekali tanaman diletakkan di luar ruangan untuk memperoleh sinar matahari dan tanaman tidak stress. Jaga media tanam dalam keadaan lembab, tapi tidak terlalu kering atau terlalu basah. Hama penyakit yang biasa menyerang phoenix yaitu kumbang kecil perusak pucuk. Cara mengatasinya tinggal disemprot dengan insektisida sistemik. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, pohon kurma sebagai tanaman hias pun akan tampil prima dan indah di dalam ruangan.