Cara Cepat Perbesar Ukuran Jamur Kuping

Cara cepat memperbesar ukuran jamur kuping sebagai berikut: suntik baglog dengan ekstrak campuran tetes tebu dan kecambah kacang hijau. Hasilnya, diameter jamur kuping bertambah lebar sampai 25-30 cm. Ukuran yang raksasa bukan? Dengan aplikasi ini, produksi pun bisa meningkat sampai 500%.
Cara Cepat Perbesar Ukuran Jamur Kuping
Jamur kuping
Disebut berukuran raksasa karena diameter jamur kuping yang di atas rata-rata (biasanya hanya 15-20 cm). Ukuran superbesar ini membuat bobotnya bertambah. Bisa 5 kali lipatnya dari bobot rata-rata jamur kuping. Dari 1 baglog ukuran 1,4 kg bisa dipanen jamur kuping segar sebanyak 3/4 kg. Panen sebanyak 7 kali akan diperoleh 4-5 kg jamur kuping segar. Masa produksi bisa mencapai 5 bulan. Bandingkan rata-rata produksi yang hanya 0,8-1 kg baglog ukuran sama dengan masa produksi sama.

Penemuan cara cepat perbesar ukuran jamur kuping ini berkat adanya penambahan ekstrak tetes tebu dan kacang hijau. Kedua bahan tersebut diblender, diendapkan dan disaring. Ekstrak ini yang disuntikkan ke dalam baglog secara periodik. Dosisnya cukup 2 cc per baglog. Interval pemberian tiap 3-4 hari sekali sejak miselium tumbuh.

Mengapa kecambah dan tetes tebu bisa memperbesar ukuran jamur kuping? Hal ini tak lain dari peran zat auksin yang terkandung di dalam kecambah kacang hijau. Zat auksin adalah zat pengatur tumbuh yang fungsinya mendorong pembesaran sel. Sedangkan tetes tebu mengandung hara yang sangat baik untuk pertumbuhan jamur. Tetes tebu mengandung 50-60% gula, sejumlah asam amino dan mineral.

Cara cepat perbesar ukuran jamur kuping ini memang spektakuler dan pantas diaplikasikan oleh para petani jamur kuping. Kelak, tak hanya jamur kuping saja, jenis-jenis jamur lainnya bisa pula diaplikasi dengan formula ini.