Tategoi, Ikan Koi Super Langka

Memperoleh tategoi memang sangat sulit, tak heran kalau disematkan sebagai ikan koi super langka. Dari seribu koi hasil pijahan, belum tentu bisa diperoleh satu ekor yang memenuhi kriteria tategoi. Seandainya dapat calon satu, masih harus menunggu 4-5 tahun yang akan datang untuk membuktikan koi tersebut benar-benar tategoi.
Tategoi, Ikan Koi Super Langka
Tategoi, untuk memperolehnya butuh waktu 5-6 tahun baru tampak
Tategoi disebut juga the dream koi. Hanya orang-orang tertentu saja dan memiliki jam terbang tinggi yang mampu melihat tategoi. Ada tiga kategori yang harus dicermati saat memilih koi tersebut masuk tategoi, yaitu; bentuk tubuh, warna dan corak.

Kategori bentuk tubuh tategoi dilihat dari segi ukuran dan kesesuaian. Sudah tentu pilih koi berukuran sedang dan sehat. Secara keseluruhan, koi mampu mempertahankan kerampingan tubuh hingga berumur 4 tahun.Saat berumur 5 tahun, bobot koi akan mengalami perkembangan yang pesat. Kenaikan bobot harus didukung dengan keseimbangan antara lingkar dada dan panjang tubuh.

Warna koi akan mengalami perubahan seiring dengan pertumbuhannya. Perlu menunggu 4-5 tahun untuk mengetahui betul kualitas warna koi. Pemberian pakan bisa berpengaruh pada warna. Pada dasarnya, koi dengan warna tipis dan mengkilap cenderung berwarna prima saat dewasa.

Penilaian corak yang indah bersifat subjektif dan bergantung pada selera pribadi. Pola corak akan berbeda tiap ikan koi. Misalnya, padah tahap tosai (umur 1 tahun), nisai (2 tahun) dan 3 tahun. Bagi orang awam, tategoi yang masih berumur kurang dari 4 tahun tampak kurang menarik. Ia memang baru memunculkan pesonanya setelah umur 5-6 tahun. Perkembangan ukuran tubuh, warna dan corak sudah maksimal. Ukurannya juga sudah mencapai 70-80 cm. Dan tategoi merupakan ikan koi super langka yang biasanya bisa dirunut silsilah keturunan dari sang juara dan farm yang biasa menghasilkan koi ukuran jumbo.

Pelihara lele di pekarangan rumah Anda bisa juga dilakukan. Hasilnya juga bagus. Bagaimanan caranya?...Miliki buku Budidaya Lele Di Kolam Terpal ini...Tersedia di Google Play Store