Cara Memilih Ayam Serama Kriteria Kontes

Begini cara memilih ayam serama kriteria kontes; dada membusung dan leher menekuk ke belakang sampai menyentuh ekor adalah kriteria utama. Kriteria lainnya yaitu ukuran jengger harus proporsional dengan kepala. Perlu kejelian dalam memahami anatomi ayam kate ini. Apalagi hobiis memang benar-benar menginginkan ayam asal Kelantan, Malaysia itu dengan kualitas tinggi.
Cara Memilih Ayam Serama Kriteria Kontes
Ayam serama
Kecil, berat hanya 300-500 gram, tubuh bulat, padat, saat berdiri tegak harus tampak sombong, angkuh tapi tetap anggun. Saat berjalan seperti layaknya prajurit. Ayam serama seperti inilah yang layak untuk diikutkan dalam suatu kontes. Untuk memperoleh ayam serama seperti itu harus dimulai sejak seleksi bibit. Pilih ayam serama dewasa yang sudah berusia 1 tahun dan dalam keadaan sehat. Pada umur tersebut, kualitas serama sudah terlihat jelas dan stabil. Umur ayam di bawah itu biasanya masih akan mengalami perubahan fisik yang banyak. Untuk mengetahui umur ayam ini, tanyakan pada penjualnya. Selain itu, cermati jengger dan keseluruhan bagian-bagian tubuh ayam.

Cara memilih ayam serama kriteria kontes
Kepala
Bentuk kepala bulat kecil proporsional dengan jengger. Gerigi jengger berjumlah maksimal 5, teratur dengan bentuk dasar melengkung. Bagian pangkal jengger tampak kokoh, kuat dan lebar seimbang dengan tinggi serit. Helai yang baik melebihi bagian belakang kepala. Jengger sehat berwarna merah dan cerah. Bila berubah menjadi gelap, ada kemungkinan stress atau sakit.

Pada bagian anting telinga kecil berbentuk oval. Pial melengkung seimbang berbentuk oval, tanpa lekukan dan tidak berkerut. Wajah bulat kecil, bebas dari bulu. Paruh pendek melengkung. Lubang hidung kecil dan tidak tersumbat. Mata bulat menonjol berwarna cerah. Ukuran kuping kecil.

Leher
Ukuran leher tampak proporsional, tegap, kepala terangkat dengan posisi ke belakang. Nilai lebih akan diberikan bila kepala condong ke belakang sampai menyentuh ekor.

Sayap
Sayap berukuran besar dan panjang. Saat berdiri tegak, sayap lurus vertikal ke bawah menyentuh tanah, menutupi mata kaki. Jangan pilih sayap robek, bulu melintir dan terpotong karena saat diperlombakan akan didiskualifikasi. Sayap dipotong menandakan kaki terlalu pendek atau tubuh tidak proporsional.

Punggung
Punggung rapat membentuk huruf "U" tersembunyi oleh bulu sadel dan bulu leher. Bila dilihat dari atas, ukuran punggung lebih sempit dibandingkan lebar bahu.

Bulu
Bila dilihat dari samping, bulu leher tampak condong ke bawah. Dari depan seperti huruf A tanpa menutupi dada. Bulu leher besar meruncing halus, lebat dan panjang jatuh terurai hingga menutupi bahu mengelilingi leher.

Bulu sadel ramping melengkung, berbentuk pedang menggantung, berakhir di atas perut, menyebar ke belakang menutupi ekor dan menggantung di pinggang.

Tubuh
Ukuran tubuh harus mungil dengan bagian punggung terlihat melekuk landai dari depan hingga ke pantat. Pilih ayam dengan tinggi 3,5-4 kali ujung jengger sampai anting telinga.

Dada
Bagian dada tampak terangkat, bidang, gempal dan menonjol. Kalau ditarik garis vertikal berada jauh dari paruh. "Garis" kepalas ke leher menuju dada berbentuk huruf "S".

Kaki
Kaki panjang, bersih, sejajar, tidak bengkok dan proporsional. Paha pendek gemuk, di ujungnya meruncing rapi. Tulang kering berukuran pendek, bulat, tersusun rapi. Jari berjumlah empat, agak panjang, lurus dan ukuran seimbang.

Ekor
Posisi ekor tegak lurus ke belakang dan selalu menyentuh kepala. Ekor lebar, panjang di atas kepala. Ekor pedang berjumlah sepasang: panjang, kuat melengkung ramping. Kalau dilihat dari belakang, ekor seperti huruf A. Dari atas, simetris; dari samping, mekar sempurna.

Dengan memakai panduan cara memilih ayam serama kriteria kontes di atas, hobiis berpeluang peroleh kesempatan mengikuti kompetisi. Syukur-syukur bisa meraih juara. Bila sering menang kontes, ayam serama milik Anda bisa berharga puluhan juta Rupiah. Sangat menarik bukan?