Bagaimana Cara Kerja Di Hongkong

Ada kemauan, itu adalah salah satu modal utama dari keseluruhan tata cara kerja di Hongkong yang disarankan oleh PJTKI dan pemerintah. Pasalnya, para pemberi kerja di Hongkong hanya melihat profesionalitas kerja. Bukan tampang yang cantik dan manis. Selain itu, penguasaan Bahasa Inggris dan Kanton juga diperhatikan oleh para pemberi kerja. Minimal bahasa percakapan sehari-hari sudah menjadi kebiasaan.
Bagaimana Cara Kerja Di Hongkong
Hongkong, sebagai magnet bagi para pencari kerja
Sebagai salah satu macan Asia, Hongkong menjadi urat nadi penting dalam perekonomian di wilayah Asia Timur. Nilai perdagangan di berbagai sektor sangat besar. Tak mengherankan kalau banyak perusahaan-perusahaan keuangan berkantor di negara bekas koloni Inggris ini. Perusahaan-perusahaan berkapital besar tentu merasakan keuntungan yang berlipat-lipat dari kegiatan perdagangan yang ramai ini. Jadi, tak mengherankan pula kalau Hongkong menjadi incara para pekerja dunia.

Untuk kaum wanita, akan diperoleh banyak kemudahan dalam tata cara kerja di Hongkong. Setelah mendaftar dan diterima oleh agensi, para calon tenaga kerja akan diberi pelatihan. Materi utama pelatihan tentunya bahasa. Masa pelatihan ini menghabiskan waktu sekitar 2-3 bulan. Setelah ujian lulus langsung bisa mengurus visa dan siap diberangkatkan ke negara tujuan. Pada tahap akhir ini dan Anda sudah menandatangani perjanjian kerja, tidak bisa dibatalkan. Jika terpaksa dibatalkan, ada pengenaan denda yang besarnya sesuai denga biaya yang telah dikeluarkan oleh PT (tentu dendanya sangat besar).

Usia yang diperbolehkan sebagai TKW ke Hongkong, minimal 19 tahun, maksimal 35 tahun. Persyaratan administrasi tidak begitu rumit. Yang terpenting ijazah asli walau itu SD, SMP, SMA atau sederajat. Dokumen-dokumen lain seperti KTP, AK I, paspor, surat ijin dari orang tua atau wali juga harus legal. Harus lolos tes kesehatan baik fisik maupun psikis.


Tata cara kerja di Hongkong tidaklah rumit, asalkan memenuhi persyaratan yang ada dan taat terhadap aturan. Setelah Anda mendaftar, tak butuh waktu lama sudah bisa di negara bekas koloni Inggris tersebut. Dan Anda siap mendulang Dollar Hongkong untuk memperbaiki taraf hidup bagi diri sendiri dan keluarga di tanah air tercinta.